Rab. Okt 27th, 2021

Cerita Hidup Dunia – Untuk Teman – teman yang kehilangan penciuman karena penyakit covid-19 yang sedang melanda dunia saat ini silakan simak cara menyembuhkannya dan jangan panik ya teman-teman, berikut ini simak cara memulihkan kemampuan indra penciuman yang hilang karena Covid-19. Cara ini bisa mempercepat pemulihan kemampuan indra penciuman yang hilang karena infeksi virus corona penyebab Covid-19.

5 Gejala COVID-19 yang Banyak Dirasakan Pasien Meski Sudah Sembuh

Cara memulihkan kemampuan indra penciuman yang hilang karena Covid-19 ini bisa dilakukan sendiri tanpa obat. Selain itu, cara memulihkan kemampuan indra penciuman yang hilang karena Covid-19 juga bisa berlangsung tanpa bantuan dokter.

Salah satu cara memulihkan kemampuan indra penciuman yang hilang karena Covid-19 adalah melalui olfactory training atau smell training (latihan penciuman). Adapun anosmia atau hilangnya kemampuan indra penciuman adalah salah satu gejala khas pasien Covid-19. Ini adalah kondisi ketika seseorang kehilangan fungsi penciumannya secara sementara.

Ketahui Penyebab Dasar Hidung Tidak Bisa Mencium Bau, Bisa Jadi Iritasi  atau Gangguan Otak di Saraf - Halaman all - Tribun Pontianak

Dr Yonian Gentilis Kusumasmara, SpTHT-KL menegaskan, ini bukan cara mengobati anosmia, melainkan untuk mempercepat penyembuhan kemampuan indra penciuman. Sebab, anosmia akibat Covid-19 sebetulnya dapat sembuh dengan sendirinya.

“Kita tinggal tunggu saja kapan, bisa delapan hari atau sampai tiga minggu. Tapi kalau ingin cepat harus melakukan smell training.” Hal itu diungkapkannya dalam Instagram Live bersama Eka Hospital Bekasi.

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami, Legakan Napas - Hot  Liputan6.com

Kehilangan penciuman juga bisa menghilangkan napsu makan karena pasien merasa makanannya hambar. Yonian menjelaskan, ketika makan, kita akan melakukan tiga fungsi, yakni flavor, taste (rasa), dan smell (penciuman). Smell dan taste yang menyatu akan menginterpretasikan sebuah flavor.

Itulah mengapa, ketika fungsi penciuman hilang, kita akan sulit menciptakan flavor tersebut. “Ketika salah satu fungsi itu hilang, otomatis flavornya juga hilang. Karena fungsi penciuman berperan aktif juga dalam merasakan sesuatu.”

Pilihan Obat Pilek yang Ampuh, dari Resep Dokter Hingga Bahan Alami -  KordaNews

“Tapi tenang aja, napsu makan biasanya akan pulih kembali ketika anosmianya kembali normal,” ucapnya.

Cara memulihkan kemampuan indra penciuman yang hilang karena Covid-19

Cara melakukan latihan untuk memulihkan kemampuan indra penciuman yang hilang akibat Covid-19 dapat dilakukan dengan cara yang sederhana dan tidak memakan waktu lama.

Untuk melakukan cara memulihkan kemampuan indra penciuman yang hilang karena Covid-19, kita bisa menyiapkan tiga benda dengan bau menyengat yang berbeda. Yonian mencontohkan benda tersebut adalah kulit jeruk, minyak kayu putih, dan kayu manis.

Kehilangan Indra Penciuman dan Perasa Bisa Jadi Pertanda Baik Covid-19  Halaman all - Kompas.com

Cara mempercepat penyembuhan anosmia adalah dengan melakukan olfactory training atau smell training. Secara ilmiah mempercepat penyembuhan anosmia,” tuturnya.

Setelah menyiapkan bau-bauan tersebut, cobalah mencium masing-masing bau selama 20 detik. Lakukan latihan cara mengembalikan indra penciuman yang hilang karena Covid-19 ini dua kali sehari.

Super! Ini 5 Manfaat Minyak Kayu Putih

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyarankan untuk melakukan smell training selama tiga bulan atau hingga penciuman kembali membaik. “Terus lakukan sehari dua kali. Nanti ini akan mempercepat waktu penyembuhan anosmia,” ujarnya.

Semerbak Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh - Health Liputan6.com

Demikian latihan yang bisa menjadi cara memulihkan kemampuan indra penciuman yang hilang karena Covid-19. Ingat, lakukan latihan ini secara rutin dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *