Kam. Sep 23rd, 2021

Cerita Hidup Dunia – Seringkali pasangan suami istri ingin memiliki anak kembar, padahal mungkin tidak punya garis keturunan dengan kehamilan kembar. Apakah Mama salah satunya?

Jika ya, disebut-sebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang hamil kembar. Cara ini pun tak ada salahnya untuk dicoba, lho.

Rasa gemas sering muncul saat melihat bayi kembar. Apalagi saat mereka menggunakan baju dan aksesori yang sama dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Cara Alami Hamil Anak Kembar | HonestDocs

Memiliki sepasang anak kembar  merupakan anugerah tersendiri. Bagi pasangan suami istri yang sedang merencanakan kehamilan, melihat anak kembar kerap memunculkan keinginan untuk memilikinya.

Tak ada salahnya jika ingin mengusahakan atau menjalani program kehamilan khusus agar janin yang dikandung nanti kembar. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari mengatur pola makan, minum suplemen, hingga menggunakan posisi tertentu saat melakukan hubungan intim.

26 Cara Membuat Anak Perempuan Kembar Cantik Menurut Ahli Kesehatan dan Ajaran Islam - Health Liputan6.com

Berikut ini tips cara membuat anak kembar yang berhasil Cerita Hidup Dunia rangkum dari berbagai sumber :

1. Menggunakan metode in vitro fertilization (IVF)

Percobaan In Vitro | The Rector

Dilansir Medical News Today, in vitro fertilization (IVF) adalah salah satu jenis teknologi di bidang reproduksi yang sering dimanfaatkan untuk membantu proses pembuahan dan kehamilan. Metode ini melibatkan beberapa intervensi medis supaya perempuan bisa positif hamil.

Biasanya calon mama yang melakukan program IVF atau bayi tabung juga diresepkan beberapa jenis obat kesuburan sebelum prosedur dilakukan. Ini bertujuan untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Pada proses IVF, sel telur dan sperma akan dipanen sebelum dibuahi. Mereka kemudian diinkubasi bersama di laboratorium, di mana kemudian proses embrio terbentuk.

Melalui prosedur medis, dokter kemudian menempatkan embrio di dalam rahim perempuan. Nah, untuk meningkatkan kemungkinan embrio bertumbuh dengan baik, biasanya akan ada lebih dari satu embrio yang dimasukkan ke dalam rahim selama proses IVF. Proses inilah yang kemudian akan meningkatkan peluang pasangan untuk memiliki anak kembar.

2. Konsumsi obat kesuburan yang diresepkan dokter

Ketahui Efek Samping Konsumsi Obat Kesuburan bagi Tubuh | Popmama.com

Obat yang dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan biasanya bekerja dengan meningkatkan jumlah sel telur yang diproduksi di indung telur perempuan.

Jika lebih banyak sel telur yang diproduksi, kemungkinan besar lebih dari satu sel telur juga yang dapat dilepaskan dan dibuahi. Apabila proses ini terjadi pada saat yang bersamaan, bisa meningkatkan peluang hamil kembar.

4 Obat Kesuburan Wanita Rekomendasi Para Ahli | kumparan.com

Jenis obat kesuburan yang disebut-sebut dapat meningkatkan peluang hamil kembar di antaranya seperti clomiphene dan gonadotropin, demikian dilansir Healthline.

Clomiphene adalah jenis obat yang tersedia hanya melalui resep dokter. Dosisnya juga bergantung pada kebutuhan individu seseorang. Obat ini bekerja dengan menstimulasi hormon-hormon tubuh untuk meningkatkan ovulasi.

5 Merek Vitamin yang Mendukung untuk Cepat Hamil | Popmama.com

 

Sementara itu, gonadotropin adalah jenis obat kesuburan yang biasanya diberikan melalui suntikan. Hormon perangsang folikel atau follicle-stimulating hormone (FSH) diberikan sebagi pengobatan tunggal atau dikombinasikan dengan luteinizing hormone (LH).

Hormon ini dibuat secara alami oleh otak dan memberi sinyal ovarium untuk menghasilkan satu sel telur setiap bulan. Ketika diberikan sebagai suntikan, FSH (dengan atau tanpa LH) memberi sinyal ovarium untuk menghasilkan lebih banyak telur. Hal inilah yang kemudian meningkatkan peluang hamil kembar, Ma.

3. Program hamil saat menyusui

Ibu Menyusui di Negara Berkembang Lebih Banyak Ketimbang di Negara Maju

Saat menyusui, kadar prolaktin dalam tubuh perempuan akan diproduksi lebih banyak. Komponen hormon ini disebut-sebut dapat meningkatkan peluang hamil kembar.

Pada tahun 2006, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Reproductive Medicine menemukan bahwa ibu menyusui yang kemudian hamil lebih mungkin untuk mengandung anak kembar.

MUHAMMAD ADJI KURNIAWAN: Makin Lama Menyusui, Bayi Makin Sehat

Namun demikian, masih sangat dibutuhkan studi tambahan untuk mendukung informasi ini.

Baca juga : Kreteria Wanita Idaman Lelaki Yang Sudah Dewasa Dan Sukses Di Jaman Sekarang Bukan lagi Masalah Cantik

4. Perbanyak konsumsi susu dan produk olahannya

4. Perbanyak konsumsi susu produk olahannya

Apabila Mama sedang ingin meningkatkan peluang hamil anak kembar, cobalah untuk memperbanyak konsumsi susu dan produk olahannya.

Beberapa hormon pertumbuhan ditemukan dalam susu dan produk susu sapi, yang dianggap baik dikonsumsi saat sedang program hamil kembar.

Tingkat Konsumsi Susu Orang Indonesia Masih Terbilang Rendah, Mengapa? : Okezone Lifestyle

5. Diet tinggi protein dan seng

Benarkah Diet Tinggi Protein Bisa Berisiko? Begini Menurut Para Ahli

Pola makan juga turut menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan saat Mama sedang merencanakan kehamilan kembar. Tak cuma bagi Mama, tapi juga Papa.

Makanan yang kaya akan seng diyakini dapat meningkatkan produksi sperma. Dengan mencukupi kebutuhan seng harian, ada kemungkinan besar bahwa proses pembuahan akan terjadi lebih efektif dan meningkatkan peluang hamil kembar.

Apa Itu Diet Tinggi Protein dan Menunya - Okadoc

Sementara itu, untuk Mama jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan protein setiap hari. Pada dasarnya, peluang perempuan bisa hamil anak kembar bergantung pada hiperovulasi.

Perbanyak konsumsi sumber protein seperti biji-bijian utuh, tahu, kedelai dan ubi untuk membantu merangsang ovarium, sehingga meningkatkan peluang untuk memiliki anak kembar.

6. Gunakan posisi tertentu saat berhubungan intim

Kenapa Pria Senang Coba Banyak Posisi Bercinta? - Health Liputan6.com

Beberapa posisi seks tertentu juga disebut-sebut dapat membantu meningkatkan peluang Mama untuk bisa hamil janin kembar.

Beberapa di antara posisi yang bisa digunakan seperti doggy stylewoman on top, dan misionaris.

9 Posisi Seks untuk Orgasme Maksimal, Perlu Dicoba! | Orami

Pada posisi doggy style, penetrasi akan terjadi lebih dalam sehingga sperma dapat dilepaskan lebih dekat dengan leher rahim.

Sementara itu, posisi woman on top juga dapat membantu memastikan penetrasi lebih dalam sehingga sperma bisa lebih dekat dengan sel telur.

Nah, posisi misionaris yang klasik juga bisa Mama gunakan saat sedang program hamil anak kembar. Posisi ini turut membuat sperma bisa menjangkau lebih dekat dengan sel telur, sehingga meningkatkan peluang hamil anak kembar.

7. Manfaatkan tanaman herbal untuk sistem reproduksi

Heboh' di Amerika, Padahal Manfaat Daun Kelor Sudah Lama Digunakan Orang Indonesia - Semua Halaman - CewekBanget

Beberapa jenis tanaman herbal tertentu juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan peluang hamil anak kembar. Misalnya seperti minyak biji rami (flaxseed oil) dan akar licorice.

Minyak biji rami tidak hanya menjaga keseimbangan hormon tetapi juga meningkatkan kesuburan pada perempuan. Tanaman herbal ini juga membantu dalam mengatur siklus menstruasi, sehingga membantu meningkatkan ovulasi dan membuat proses pembuahan lebih mudah.

3 Manfaat Chasteberry untuk Sistem Reproduksi Wanita

Akar licorice yang memiliki rasa manis ini dikenal dapat meningkatkan peluang hamil anak kembar karena membantu dalam proses ovulasi. Dengan begitu kadar hormon dan siklus menstruasi menjadi lebih baik sehingga meningkatkan kesuburan.

Baca juga : Coin Cripto Dan Bitcoin Mainan Anak Millennial Jaman Sekarang Yang Membooming Di Dunia

Rekor, Wanita 65 Tahun Melahirkan Bayi Kembar 4 - Citizen6 Liputan6.com

 

Itulah tujuh cara membuat anak kembar yang bisa Mama dan Papa lakukan. Agar lebih efektif, sebelum menggunakan cara-cara ini tak ada salahnya jika berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya.

Sumber :

https://www.popmama.com/pregnancy/getting-pregnant/annas/tips-cara-membuat-anak-kembar/7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *