Kam. Sep 23rd, 2021

Cerita Hidup Dunia – Sahabat …. dalam kehidupan ini Siapa yang sepakat jika pahlawan dalam keluarga tak lain dan tak bukan adalah sosok ayah? jika bicara tentang pahlawan keluarga?

Ayah Harus Banyak Dialog dengan Anak Halaman 1 - Kompasiana.com

Karena ayah berperan sebagai kepala keluarga, ayah bertanggung jawab pada semua yang terjadi dalam rumah tangga. Ayah sosok yang mencari nafkah, ayah juga berbagi waktu untuk menjadi partner hebat untuk ibu dan juga menjadi sosok yang pengasih bagi anak-anaknya.

Keseimbangan Peran Ayah | Greatmind

Nah kalau begitu, kira-kira, peran-peran atau hal-hal apa saja sih yang membuat ayah adalah sosok pahlawan nyata dalam keluarga? Berikut Gramedia Digital buat lima daftar hal-hal yang bisa membuat ayah sebagai sosok pahlawan dalam keluarga.

10 Cara Menjadi Ayah yang Baik dan Hebat bagi Keluarga

1. Pahlawan yang menyayangi sepanjang masa

Orang tua pastinya akan selalu menyayangi anak-anaknya. Sampai kapanpun itu, sampai ayah menua, ia akan tetap dengan tangan terbuka menerima dan menyayangi buah hatinya.

8 Hal yang Aku Harapkan Dari Kamu - Pria yang Kelak Jadi Ayah Dari Anak-anakku

Seperti yang terlihat dalam buku Sh*it My Dad Says karya Justin Halpern yang masuk dalam daftar New York Times Bestseller ini.

Di mana Ted Halpern yang berusia 28 tahun terpaksa kembali tinggal dengan sang ayah yang sudah berusia 73 tahun, setelah didepak kekasihnya.

8 Hal yang Aku Harapkan Dari Kamu - Pria yang Kelak Jadi Ayah Dari Anak-anakku

Kembali hidup bersama sang ayah membuatnya menyadari bahwa ia merasakan banyak hal konyol bersama sang ayah, dan itu menghiburnya tentu juga menggambarkan kasih ayah yang tak lekang oleh waktu.

2. Pahlawan yang menanamkan nilai luhur dan kebaikan

Peran ayah memang tak kalah penting dari peran ibu. Karena ayah juga memiliki bagiannya tersendiri dalam keluarga. Selain mencari nafkah, ayah juga pastinya ikut menanamkan nilai-nilai kebaikan pada anak-anaknya.

Yuk, Persiapkan Masa Akil Baligh Si Kecil Sejak Dini, Bun - APPLE TREE PRE-SCHOOL BSD

Di sinilah sisi pahlawan ayah dalam keluarga terlihat. Sebagaimana yang tertulis dalam buku Terima Kasih Bapak karya Yosay Aulia.

Yosay Aulia menuturkan perkembangan dirinya dari masa kecil hingga menjadi seorang ibu dari sudut pandang hubungan ayah dan anak.

Kisah di Balik Hari Ayah Nasional

Bagaimana seorang ayah menanamkan makna beragama, toleransi, kemampuan berpikir kritis, dan semangat juang tercermin dalam tiap kejadian yang dilalui Yosay.

Dari berbagai cerita yang disampaikan, ada nilai yang bisa dipetik sebagai pembelajaran hidup, terutama untuk anak perempuan.

3. Ayah juga bisa melakukan yang ibu lakukan

Ayah bukan cuma pahlawan untuk mencari pundi-pundi dan memenuhi kebutuhan dalam rumahmu. Ayah juga bisa melakukan yang ibu lakukan. Contohnya saja memasak.

10 Puisi Tentang Ayah, Mengharukan dan Menyentuh Hati

Seperti dalam buku anak-anak berjudul Sup Buatan Ayah karya Arleen A. Di buku ini diceritakan tentang Harry yang mengenang kehebatan ayahnya dalam membuat sup. Harry pun ingin membuat sup untuk anak-anaknya, seperti sang ayah.

Pada awalnya Harry merasa supnya tak seenak buatan ayahnya. Namun, ketika anak-anaknya menikmati sup itu dengan disuapi langsung oleh Harry, mereka mengatakan sup itu lezat.

Aku Tidak Membesarkan Putriku untuk Disakiti!', Ini Alasan Seorang Ayah akan 'Menghajar' Orang yang Menyakiti Putrinya! - Semua Halaman - Nakita

Di situ Harry pun belajar bahwa bukan bahan atau resep yang menjadikan sup itu lezat tapi dari rasa sayang seorang yang membuatnya dan pastinya akan selalu diingat oleh anak-anaknya.

4. Akan selalu menjadi pejuang keluarga

Perjalanan luar biasa seorang ayah kali ini terlihat dari perjuangannya, meski kondisi keluarganya tak seperti yang diharapkan. Tentang keteguhan hati dan jatuh bangun seorang ayah, yang harus menerima kondisi sang anak.

anak tanpa kasih sayang ayah

Kondisi yang dirasakan oleh Pak Nurhaidin dan ia tuliskan dalam buku Anakku Anugerah Istimewa, yang merupakan kisah nyata.

Kisah perjuangan seorang ayah yang berdamai dengan autisme putranya. Jatuh bangun bersama sang istri, Pak Nurhaidin berusaha berjuang untuk berdamai dengan kondisi putranya.

Baca juga : Kejadian dan Fakta Keterlibatan Kartel Narkoba Dalam Dunia Sepakbola Yang Menjadi Rahasia Umum Dunia

30 Kata Bijak tentang Ayah, Sosok Terbaik yang Menginspirasi Hidupmu - Ragam Bola.com

5. Ayah, pahlawan yang juga punya mimpi untuk kebaikan buah hatinya

Kali ini kisahnya bisa dirasakan dan dibaca lewat buku Ayah karya Andrea Hirata. Sedikit membongkar kisahnya, buku ini bercerita tentang Sabari yang begitu mencintai putranya, Zorro. Meski Zorro bukanlah anak kandungnya.

Selamat Hari Ayah Nasional! Ini Dia Perbedaan Hari Ayah Nasional dan Father's Day

Sabari kemudian harus dihadapkan pada kenyataan pahit, karena suatu waktu, Marlena, ibu kandung Zorro datang dan mengambilnya, membawa pergi Zorro.

Dari buku ini, kita bisa melihat betapa besar cinta Sabari sebagai ayah yang sudah dipenuhi mimpi ingin hidup Zorro putranya bahagia selalu.

6 Trik Menjadi Ayah yang Dicintai dan Hebat di Mata Anak | Parenting.Dream.co.id

Meski kenyataannya, ada masa-masa di mana ia justru harus memperjuangkan kesempatannya untuk hidup bersama sang anak.

 

Baca Juga : Sejarah Asal Usul Berdirinya Triad Mafia Hongkong

Sumber : Dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *