Sen. Jun 21st, 2021

Cerita Hidup Dunia – Kalau melihat orang-orang terkaya di dunia ini, rasanya ingin memiliki hidup seperti mereka ya. Punya uang banyak, harta berlimpah, dan mau sesuatu tinggal beli saja. Tapi tahukah kamu kalau tidak semua orang-orang terkaya di dunia ini memang terlahir kaya dari lahir?

Indonesia Masuk Daftar 25 Negara dengan Orang Kaya Terbanyak Dunia

Ada orang-orang terkaya di dunia yang juga pernah hidup miskin. Bahkan beberapa dari mereka juga ada yang pernah merasakan jatuh bangun menjalani hidup.

Ingin Menjadi Kaya, Bukan Terlihat Kaya - Komunitas Bukalapak

 

Namun karena tetap bekerja keras, dan tidak pernah menyerah, pada akhirnya mereka bisa memperoleh kesuksesan. Inilah bukti kalau sukses itu butuh proses, usaha dan kerja keras. Kalau ingin sukses, kamu bisa belajar dari kisah hidup orang terkaya di dunia ini :

 

Jack Ma

Siapa yang gak kenal Jack Ma? Pendiri Alibaba ini dikenal sebagai orang terkaya nomor 2 di Cina. Tapi kalau melihat kehidupan masa kecil Jack Ma, tidak akan ada yang menyangka kalau kelak dia akan jadi seorang miliader. Dilahirkan pada tanggal 10 September 1964, Jack Ma berasal dari keluarga yang miskin. Saat hendak masuk perguruan tinggi, Jack Ma sempat gagal dua kali sebelum akhirnya diterima di Hangzhou Teachers College dan lulus tahun 1988.

Terungkap, Alasan Jack Ma Pensiun dari Alibaba Group di Usia 55 Tahun

Ketika KFC membuka cabang di Hangzhou, Jack Ma turut melamar. Namun dari 24 pelamar, hanya dia yang gagal. Ia juga gagal ketika melamar pekerjaan menjadi polisi. Hingga akhirnya Jack Ma berkarier sebagai guru bahasa Inggris selama beberapa tahun.

Bongkar Rahasia Sukses Investasi ala Jack Ma — Blog Bibit

Pada tahun 1995, karena kemampuan bahasa inggrisnya sangat baik, dia mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke California, Amerika Serikat. Setelah kembali ke Cina, Jack Ma berhenti dari pekerjaannya sebagai guru bahasa inggris. Dia sempat meminjam uang beberapa ribu Dolar kepada temannya untuk meluncurkan China Pages, halaman e-commerce pertama di Cina. Di tahun 1999, Jack Ma mendirikan Alibaba.

Alibaba Tambah Investasi US$ 2 Miliar di Lazada

Pada tahun 2000 ketika banyak perusahaan internet yang jatuh, Alibaba selamat. Tahun 2003, Alibaba meluncurkan Taobao yang juga sukses besar. Jack Ma terinspirasi dari E-bay ketika meluncurkan Taobao. Pada tahun 2005, Yahoo membeli saham Alibaba senilai $4 miliar.

Daftar 10 Orang Terkaya China, dari Jack Ma hingga Raja Game Online :  Okezone Economy

Kesepakatan itu juga memberikan Alibaba kendali atas operasional Yahoo di Cina. Kesuksesan Jack Ma membangun Alibaba menjadi raksasa e-commerce dunia pun membuat kekayaannya menggunung. Saat ini kekayaan Ma tercatat sekitar 40 miliar Dolar AS, dan dia menjadi orang terkaya kedua di Cina.

Li Ka Shing

Li Ka Shing lahir pada tanggal 29 Juli 1928 di Chaozhou, China. Walaupun saat ini dia menjadi orang terkaya nomor 1 di Cina, namun dia bukanlah berasal dari keluarga yang kaya. Dia tidak pernah mengenyam pendidikan yang tinggi. Bahkan pada umur 12 tahun, ia harus berhenti sekolah karena keluarganya tidak mampu membiayai uang sekolahnya.

Kisah Li Ka Shing, Anak Putus Sekolah yang Jadi Orang Terkaya di Asia -  kumparan.com

Pada usia 15 tahun, ayahnya meninggal dunia karena penyakit TBC. Sejak saat itu Li Ka Shing harus menjadi tulang punggung keluarga.

Di usia 16 tahun, Li Ka Shing kemudian mencoba bekerja di sebuah pabrik perdagangan plastik. Di sana dia bekerja selama 16 jam sehari. Gajinya sebagai karyawan plastik sebagian besar dia berikan kepada ibunya. Beberapa tahun bekerja di pabrik plastik membuatnya banyak memiliki pengalaman, mengenai bagaimana mengolah plastik yang baik untuk diperdagangkan.

Kisah Hidup Li Ka-shing, Dari Buruh Pabrik Hingga Orang Terkaya Dunia

Beberapa tahun kemudian dia nekat berhenti dari pekerjaannya sebagai karyawan plastik, dan mendirikan perusahaan sendiri bernama Cheung Kong Industries. Naluri bisnisnya yang bagus membuat perusahaannya berkembang cepat. Li Ka Shing mengerti bagaimana membuat sebuah plastik berkualitas bagus dengan harga murah, dan juga terjangkau.Punya Duit Rp572 Triliun, Raja Properti Ini Pakai Jam Tangan Rp96 Ribu |  Rumah123.com

Di tahun 1971 Li Ka Shing mulai merambah ke dunia real estate dengan mendirikan perusahaan bernama Cheung Kong, yang kemudian juga berkembang pesat. Delapan tahun kemudian Li Ka Shing mengakuisisi perusahaan Hutchison Whampoa Limited dari HSBC. Proses akuisisi tersebut kemudian menjadikan Li Ka Shing menjadi konglomerat baru di Hongkong.Li Ka-Shing, Buruh Pabrik yang Kini Jadi Miliarder Top Pengguncang Asia -  Boombastis.com | Portal Berita Unik | Viral | Aneh Terbaru Indonesia

Kekayaan Li Ka Shing semakin bertambah berkat anak perusahaan Hutchison Whampoa, yaitu AS Watson Group yang bergerak di bidang ritel dan memiliki 7800 toko yang tersebar di seluruh dunia, serta beberapa merek ritelnya sudah sangat terkenal di berbagai negara.

Superman Li Ka-shing To Split His Empire Into Property & Non-Property |  FinanceTwitter

Saat dia menjual kepemilikan Hutchison Whampoa kepada Orange Mannesman Group, dia mendapatkan keuntungan sebesar $15,2 miliar. Dia juga berhasil mendapatkan keuntungan $11 miliar dari penjualan sebagian aset Hutchison Telecomunication kepada Vodafone.CKGSB - Cultivating Future Business Leaders with a Strong Sense of Social  Responsibility • China Admissions

Menurut Forbes pada tahun 2015, harta Li Ka Shing mencapai $26,6 miliar. Forbes juga memasukkan nama Li Ka Shing dalam daftar 10 orang terkaya di dunia pada tahun 2012, dan hingga saat ini dia juga dikenal sebagai orang terkaya di Cina.

Roman Abramovich

Para penggemar Chelsea pasti sudah tidak asing lagi sama Roman Abramovich. Dia adalah pemilik klub sepak bola tersebut. Roman Abramovich lahir pada tanggal 24 Oktober 1966 di Saratov, Rusia. Ibunya, Irina Ostrowski Abramovich, meninggal saat Roman masih berusia 2 tahun. Ayahnya meninggal dalam kecelakaan di konstruksi, dua tahun setelah ibunya meninggal. Sejak saat itu, dia diasuh oleh kakek neneknya di Lithuania.

Why did Roman Abramovich buy Chelsea : The Real Reason Roman Abramovich  Decided To Buy Chelsea In 2003 | The SportsRush

 

Karena terlahir dari keluarga yang biasa saja, Roman Abramovich tidak mempunyai banyak uang. Dia memulai usaha dengan menjual bebek plastik dari apartemen kecilnya di Moskow. Orang-orang yang mengenalnya mengatakan kalau dia adalah seorang pekerja keras, dan tekun.

Ini 10 Daftar Orang Terkaya Pemilik Tim Olahraga versi Forbes - Sport  Tempo.co

Bisnisnya makin meroket, dia memanfaatkan kondisi investasi pada waktu itu. Tahun 1992 hingga 1995, dia memusatkan perhatian pada trading minyak. Kemudian pada tahun 1995, dia bermitra dengan Boris Berezovsky dalam pembelian saham pengendali perusahaan raksasa minyak Sibnest senilai US$100 juta.

Memahami Alasan Para Orang Kaya Membeli Klub Sepakbola di Inggris (1) -  Ligalaga

Pada tahun 2005 Roman Abramovich mendapat untung besar, Ia menjual 73 persen saham di Sibnest kepada perusahaan gas raksasa Gazprom senilai US$13 milliar.

Pada tahun 1999, Roman Abramovich membantu anak-anak dan mendirikan yayasan amal untuk membantu rakyat Okrug. Di tahun 2000, dia terpilih menjadi Gubernur di wilayah ini dan menginvestasikan uang untuk membangun pendidikan, rumah sakit, serta perguruan tinggi.

Daftar Pemilik Klub Sepakbola Terkaya di Dunia - Prediksi bola Viva

Karena dianggap berjasa dalam membuka kesempatan kerja, mendorong pertumbuhan dan akses pendidikan bagi penduduk setempat, di tahun 2005 dia terpilih kembali sebagai Gubernur untuk periode selanjutnya.

Alasan Roman Abramovich Membeli Chelsea Halaman all - Kompas.com

Nama Roman Abramovich semakin bersinar ketika pada tahun 2003 menjadi pemilik utama klub sepak bola inggris, Chelsea. Ia menanamkan modal 440 juta Euro untuk menjadi pemilik utama Chelsea yang mungkin dia melihat bagusnya potensi sepak bola Online di masa depan.

Colonel Harland Sanders

Kamu pasti sudah tidak asing dengan wajah Colonel Harland Sanders ini, kan? Iya, wajahnya menjadi logo dari KFC (Kentucky Fried Chicken). Colonel Sanders ini adalah pendiri dari KFC, waralaba ayam goreng yang punya cabang hampir di seluruh penjuru dunia.

Harland David Sanders - YouTube

Walaupun dikenal sebagai pendiri KFC, namun rupanya Colonel Sanders ini terlahir dari keluarga miskin. Dilahirkan pada tanggal 9 September 1890 di Indiana, Amerika Serikat. Colonel Sanders mulai bekerja sejak umur 10 tahun, dengan gaji $ 2 sebulan.

How Colonel Sanders Turned A Gas Station Into A Fast Food Empire

Di usia 13 tahun, dia bekerja menjadi tukang cat kereta kuda, dan di usia 14 tahun dia pindah ke Indiana selatan serta mulai bekerja di peternakan. Pada usia 16 tahun Colonel Sanders memalsukan tanggal lahirnya dan mulai masuk menjadi tentara, kemudian ditugaskan ke Kuba.

Colonel Sanders Failed 1001 Times Before Making KFC - YouTube

Setelah pensiun dari tentara, Colonel Sanders berganti-ganti pekerjaan dan bermain judi demi untuk menyambung hidup. Di usia 65 tahun, Colonel Sanders mulai menawarkan resep ayam goreng buatannya ke restoran-restoran di Amerika, dan mereka menertawakan serta menolaknya.

Dia berjuang selama 2 tahun menjelajahi Amerika dengan mobil tuanya. Tidur di mobil, dan bangun di pagi hari dalam kondisi siap untuk menawarkan resepnya pada restoran baru. Ia mengalami ratusan kali penolakan. Baru pada tahun 1952, Pete Harman dari South Lake Utah mencoba membangun waralaba Kentucky Fried Chicken untuk pertama kalinya.

Harland Sanders: el coronel que dejó la 'tropa' para crear KFC | El Diario  De Finanzas

Saat Colonel Sanders berusia 75 tahun, KFC berhasil menjadi restoran dengan pertumbuhan cabang yang sangat banyak. KFC juga ditawar oleh seorang pengusaha seharga US$2 juta.

Story of Colonel Sanders founder of KFC | Colonel Harland Sanders Biography  | motivational - YouTube

Banyak hal yang bisa kita ambil dari kisah hidup Colonel Sanders. Dia bukanlah orang yang terlahir kaya, dan dibesarkan oleh ibu kandung tunggal. Bahkan Colonel Sanders pun tidak tamat sekolah hingga tingkat SMA. Namun tentu dia meraih kesuksesan karena sifatnya yang pantang menyerah, dan pekerja keras.

Ray Kroc

Siapa yang tidak pernah mendengar McDonald? Restoran waralaba dengan ikon huruf M melengkung atau sering disebut dengan golden arches dengan paduan warna merah dan kuning ini sudah dikenal secara global oleh masyarakat di seluruh dunia.

Ray Kroc

Ray Kroc adalah pengusaha yang lahir tahun 1902 di Oak Park, Illinois. Ia sempat menjadi penjual gelas kertas dan mesin milkshake di awal kariernya. Hidupnya mulai berubah saat ia menemukan restoran milik Dick dan Mac McDonald yang menjual hamburger yang populer di California pada tahun 1955.

Kisah sukses pendiri McDonald dimulai pada tahun 1954, saat Kroc pergi ke San Bernardino, Californa, untuk menjual beberapa unit multi-mixer pada Dick dan Mac McDonald bersaudara.

4 Lessons In Business From McDonald's Ray Kroc | Business Insider

Ia terkesan dengan efisiensi restoran yang beroperasi dengan sederhana. Pelanggan dilayani dengan cepat dengan menu-menu sederhana seperti hamburger, kentang goreng, dan milkshake.

Kroc lalu menyadari potensi besar restoran cepat saji tersebut. Ia menawarkan untuk bekerja sebagai seorang agen. Kroc mendirikan McDonald’s System, Inc. (kemudian dikenal sebagai McDonald’s Corporation), dan membuka cabang restoran pertamanya di Des Plaines, Illinois pada tahun 1955.

hamburger Ray Kroc front McDonalds photograph restaurant 1

Tepat empat tahun berikutnya, pada tahun 1959, jumlah cabang restoran McDonald telah mencapai 100 buah. Namun, Kroc masih belum dapat menuai untung besar dari usaha ini.

Harry J. Sonneborn, yang pada saat itu merupakan Presiden pertama McDonald’s Corporation, menyarankan untuk membuat sistem di mana perusahaan dapat membeli atau menyewa lahan untuk membuka cabang baru.

The Founder: When Ray Kroc met the McDonald Brothers | &BLOG | &MEETINGS

Kroc kemudian mengikuti saran tersebut. Dengan pinjaman US $27 juta yang didapatkan Sonneborn, Kroc membeli perusahaan McDonald dari dua bersaudara secara langsung pada tahun 1961.

Di bawah kepemilikan Kroc, McDonald dijalankan dengan beberapa elemen-elemen kreatif baru sambil tetap mempertahankan karakter aslinya. Sistem ‘streamline’ yang diciptakan dan digunakan oleh Mc-Donald bersaudara sejak tahun 1940-an untuk menyiapkan hamburger bagi pelanggan masih tetap digunakan.

The original McDonald's restaurants were recreated for 'The Founder'

Namun, tidak bisa dibantah bahwa strategi yang ia ciptakan sangat menguntungkan secara keuangan. Ia memiliki pedoman yang ketat tentang persiapan penjualan, ukuran porsi makanan, metode memasak dan mengemas, untuk memastikan standar menu McDonald terlihat dan terasa seragam di seluruh cabang waralaba. Inovasi-inovasi seperti ini juga berkontribusi pada kesuksesan McDonald di seluruh dunia.

A brief history of transformation in business: Ray Kroc & the McDonald's  empire | Morgan Philips

Kisah sukses pendiri McDonald ini ditutup saat McDonald telah menjadi restoran dengan 7.500 cabang di lebih dari tiga puluh negara dengan nilai ekonomi sebesar US $8 milyar. Kekayaan pribadi Kroc saat meninggal diperkirakan mencapai US $500 juta.

 

Itulah sahabat ceritahidupdunia.com kisah hidup dari beberapa orang terkaya di dunia. Sama seperti orang lain, mereka juga bukan terlahir dari keluarga kaya. Mereka tetap harus berjuang untuk mencapai kesuksesan dalam hidupnya. Sama seperti yang pernah dikatakan oleh Bill Gates:

Jika anda terlahir dalam kemiskinan itu bukanlah kesalahan anda, tapi jika anda mati dalam kemiskinan itu adalah kesalahan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *