Sen. Jun 21st, 2021

Cerita Hidup Dunia – Lahir 29 Juni 1966. Basuki Tjahaja Purnama (BTP) yang akrab dipanggil Ahok lahir di Gantung, desa Laskar Pelangi, Belitung Timur.Ia besar di Manggar, Belitung Timur. Ia adalah putra pertama Buniarti Ningsih (Boen Nen Tjauw) dan mendiang Indra Tjahaja Purnama (Tjoeng Kiem Nam). Basuki memiliki tiga saudara kandung: Basuri Tjahaja Purnama, Fifi Lety, dan Harry Basuki.

Intip Foto Muda Ahok yang Langka, Waktu Kecil Pakai Baju Rajutan Ibu - Semua Halaman - Fotokita

Basuki kuliah di Universitas Trisakti, jurusan sumber daya mineral dan teknologi. Ia lulus dengan gelar sarjana sains di bidang teknik geologi pada tahun 1989 dan kembali ke kampung halamannya di Belitung untuk membangun perusahaan yang bergerak di bidang kontrak pertambangan.

 

Setelah dua tahun bekerja di perusahaan tersebut, ia memutuskan untuk mengejar gelar master di bidang manajemen keuangan di Prasetiya Mulya Business School di Jakarta. Ia lulus dengan gelar Master of Business Administration (MBA). Basuki menikah dengan Veronica Tan, dan pasangan itu memiliki tiga anak: Nicolas Sean, Natania, dan Daud Albeneer.

Perlu diketahui, tahun 1992 Basuki mendirikan PT Nurindra Ekapersada sebagai persiapan membangun pabrik Gravel Pack Sand (GPS) pada tahun 1995. Bagi Basuki, pabrik yang berlokasi di Dusun Burung Mandi, Desa mengkubang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur ini diharapkan dapat menjadi proyek percontohan bagaimana mensejahterakan stakeholder (pemegang saham, karyawan, dan rakyat) dan juga diharapkan dapat memberikan konstribusi bagi Pendapatan Asli Daerah Belitung Timur dengan memberdayakan sumber daya mineral yang terbatas. Di sisi lain diyakini PT Nurindra Ekapersada memiliki visi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh.

Foto-foto Jadul Kemesraan Ahok-Veronica Muda

Berangkat dari visi seperti itulah pada tahun 1994, Basuki didukung oleh seorang tokoh pejuang kemerdekaan Bapak alm Wasidewo untuk memulai pembangunan pabrik pengolahan pasir kwarsa pertama di Pulau Belitung dengan memamfaatkan teknologi Amerika dan Jerman. Pembangunan pabrik ini diharapkan juga memberikan harapan besar menjadi cikal bakal tumbuhnya suatu kawasan industri dan pelabuhan samudra dengan nama KIAK (Kawasan Industri Air Kelik).

Foto-foto Jadul Kemesraan Ahok-Veronica Muda

Sebagai pengusaha di tahun 1995 ia mengalami sendiri pahitnya berhadapan dengan politik dan birokrasi yang korup. Pabriknya ditutup karena ia melawan kesewenang-wenangan pejabat. Sempat terpikir olehnya untuk hijrah dari Indonesia ke luar negeri, tetapi keinginan itu ditolak oleh sang ayah yang mengatakan bahwa satu hari rakyat akan memilih Ahok untuk memperjuangkan nasib mereka.

Viral Foto Jadul Ahok Makan Bareng Jokowi di Angkringan, Netizen Langsung Sebut Begini | RIAU24.COM

Dikenal sebagai keluarga yang dermawan di kampungnya, sang ayah yang dikenal dengan nama Kim Nam, memberikan ilustrasi kepada Ahok. Jika seseorang ingin membagikan uang 1 milyar kepada rakyat masing-masing 500 ribu rupiah, ini hanya akan cukup dibagi untuk 2000 orang. Tetapi jika uang tersebut digunakan untuk berpolitik, bayangkan jumlah uang di APBD yang bisa dikuasai untuk kepentingan rakyat. APBD kabupaten Belitung Timur saja mencapai 200 milyar di tahun 2005.

Warga DKI Jakarta Temui Ahok

Baca juga : Trik Terhebat Dari Iblis Adalah Meyakinkan Dunia Bahwa Dia Tidak Nyata Itulah Mogilevich Mafia Paling Berbahaya di Dunia

Bermodal keyakinan bahwa orang miskin jangan lawan orang kaya dan orang kaya jangan lawan pejabat (paham Kong Hu Cu), keinginan untuk membantu rakyat kecil di kampungnya, dan juga kefrustasian yang mendalam terhadap kesemena-menaan pejabat yang ia alami sendiri, Ahok memutuskan untuk masuk ke politik di tahun 2003.

Tolak Ahok Jadi Gubernur DKI, FPI Demo Balaikota Jakarta Hari Ini - News Liputan6.com

Basuki terjun ke dunia politik di kampung halamannya di Belitung. Dia mencalonkan diri dalam pemilihan bupati Belitung Timur 2005 dengan Khairul Effendi sebagai pasangannya dan terpilih sebagai bupati dengan 37,13% suara. Basuki percaya bahwa Indonesia sedang mematahkan masa lalu, yang memiliki sejarah prasangka dan kebencian yang panjang dan sering disertai kekerasan. Dia dijuluki “The Father” dan “The Law” untuk tindakan keras melawan korupsi.

Golkar Butuh Ahok untuk Menangkan Pileg dan Pilpres 2019 - News Liputan6.com

Bac juga : Warna – Warna Bola Mata Paling Indah Dan Paling Seksi Yang Ada Di seluruh Dunia

Setelah satu bulan menjabat, Basuki dihadapkan pada masalah utama terkait kemacetan lalu lintas, perburuhan, korupsi, dan birokrasi. Dia menengahi kenaikan upah minimum, mengusulkan insentif bagi pedagang kaki lima untuk pindah ke pasar yang ditunjuk untuk mengurangi kemacetan, memindahkan penduduk desa yang miskin ke rumah susun baru, meluncurkan inspeksi mendadak ke kantor pemerintah dan mengusulkan pemasangan televisi sirkuit tertutup untuk meningkatkan akuntabilitas.

Golkar Resmi Dukung Ahok, Seruan "Hidup Ahok" Menggema di DPD Golkar

Pada 2009, Basuki terpilih menjadi anggota DPR sebagai politikus Golkar. Ia terpilih dengan 119.232 suara dan ditempatkan di Komisi Kedua. Pada 2011, ia membuat kontroversi saat berkunjung ke daerah pemilihan lokalnya. Dia terekam oleh media lokal yang mengutuk bisnis pertambangan timah lokal karena menyebabkan kerusakan lingkungan. Komentar itu dianggap menghina LSM pemuda setempat, yang melaporkannya ke Komisi Etik DPR.

Golkar Sebut PDI Perjuangan Akan Ikut Usung Ahok

Pada 2011, Basuki dianggap mencalonkan diri sebagai Gubernur Jakarta secara independen. Namun, dia memutuskan untuk tidak mencalonkan diri karena pesimistis dengan peluang mendapatkan 250 ribu tanda tangan, syarat untuk mencalonkan diri sebagai calon gubernur independen di Jakarta. Namun, ia kemudian mencalonkan diri bersama Joko Widodo pada pemilu 2012 sebagai cawapres.

Mari Kita Awasi, Inilah Janji-Janji Jokowi-Ahok : Okezone News

Jokowi dan Basuki meraih 1.847.157 (42,60%) suara pada putaran pertama, dan 2.472.130 (53,82%) pada putaran kedua, mengalahkan gubernur petahana Fauzi Bowo. Tiket tersebut dicalonkan oleh Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Pada 10 September 2014, Basuki meninggalkan Gerindra karena sengketa RUU Pilkada. Sejak itu, dia menjadi tidak terafiliasi secara politik.

Beberapa bulan berpisah, Jokowi-Ahok rapat tertutup

Ketika Joko Widodo mengambil cuti sementara dari jabatannya sebagai gubernur DKI Jakarta untuk mencalonkan Presiden, Basuki menjadi aktris Gubernur Jakarta mulai 1 Juni 2014. Setelah kemenangan Jokowi, dia menggantikannya sebagai gubernur dan dilantik pada tanggal 18 November 2014.

Kalah di Pilkada, Ahok: Gubernur Baru Tinggal Nyontek - Metro Tempo.co

Pada 2014, BTP naik jabatan menjadi gubernur karena Joko Widodo melepaskan jabatannya untuk mengikuti pilpres 2014 yang akhirnya dimenangkannya.

Ahok Malu Jadi Gubernur Jakarta? - Tribun Manado

BTP menuntaskan jabatannya hingga 2017 dengan dibantu Djarot Saiful Hidayat sebagai wakilnya. Pada 2017, ia ingin meneruskan masa jabatannya, tetapi kalah dari Anies Baswedan & Sandiaga Uno. Setelah 2017, ia menjalani masa-masa di penjara hingga akhirnya bebas pada tahun 2019, dan belum masuk kancah dunia politik lagi. Saat ini, Ahok tidak berafiliasi dengan partai mana pun. Jadi, partai Ahok sekarang belum ada.

Soal Wakil Gubernur, Ahok: Tunggu Jumat - Nasional Tempo.co

KELUARGA AHOK: PERCERAIAN DAN MENIKAH LAGI

6 Hal yang Menguras Emosi Ahok hingga Cerai dengan Veronica - News Liputan6.com

BTP menikah pertama kali dengan Veronica Tan, kelahiran Medan, Sumatra Utara. Dari pernikahannya dengan Veronica Tan, Basuki dikaruniai 3 orang putra-putri. Mereka bernama Nicholas Sean Purnama, Nathania Berniece Zhong, dan juga Daud Albeenner Purnama. Basuki bercerai dengan Veronica Tan pada tahun 2018. Pengadilan memutuskan Basuki, mendapatkan hak asuh dari anak kedua dan ketiga. Perceraian terjadi karena Veronica Tan ketahuan berselingkuh dengan seseorang yang disebut sebagai “Good Friend”, yakni Julianto Tio.

Cinta Segitiga Ahok, Vero dan Julianto Tio yang Berujung Perceraian | Pro & Kontra

AGAMA AHOK SEKARANG: ISU, DAN FAKTA PERPINDAHAN

Bocor Kepermukaan, Ternyata seperti Ini Penampilan Istri Ahok saat Masih ABG - Grid.ID

Pernikahan Puput dan Basuki sempat menjadi perbincangan hangat, baik di media sosial, maupun di media nyata. Salah satu penyebabnya adalah Puput yang berbeda agama dengan Basuki. Isu perpindahan agama Ahok dari kristen protestan menjadi islam banyak dibicarakan. Namun, akhirnya, Bripda Puput yang memutuskan untuk pindah agama mengikuti suaminya. Kendati demikian, status perpindahan agama Puput mengikuti keyakinan BTP pun tak disoal oleh keluarga besar Puput.

Baca Juga : Body Dan Wajah Cewek Paling Aduhai Dari Cewek – Cewek Band Dunia

13 Foto Pernikahan Ahok BTP & Bripda Puput yang Baru Diungkap, Elegan!

BUMN DAN PERTAMINA: Kebenaran, DAN FAKTA JABATAN

Ahok Rangkap Jabatan Komisaris, BUMN: Gaji Tidak Dobel - Bisnis Tempo.co

Setelah ke luar dari penjara pada 24 Januari 2019, Basuki sempat menjadi Youtuber dan sudah teken kontrak dengan Metro TV untuk menjadi pembawa acara talkshow “BTP Menjawab”. Namun, sebelum kesampaian jadi pembawa acara, Basuki sudah diamanatkan jabatan oleh Menteri BUMN ke-9 Kabinet Indonesia Maju, Erick Thohir.

Ahok Komisaris Utama, Gila Pejabat Pertamina Masih Terima Gaji Rp 75 Juta Meski Dicopot dari Jabatan - Tribun Manado

Sebelum secara resmi diamanatkan jabatan oleh Erick Thohir, Basuki sekarang menjabat beberapa posisi penting di beberapa BUMN, seperti Dirut Pos Indonesia, Bank Mandiri, PLN, Pertamina, BTN, BPJS, Krakatau Steel, Garuda Indonesia, Inalum, dan Bulog.

Anggota DPR Sebut Ahok Komisaris Rasa Dirut di Pertamina - kumparan.com

FAKTA BASUKI TJAHAJA PURNAMA (AHOK) HARI INI (2020/2021)

Ahok Makin Sukses dan Makmur Setelah Nikah dengan Puput Nastiti Devi, Sekarang Tinggal di Rumah Ini - Tribun Manado

Meskipun Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok telah menghilang dari hingar bingar panggung politik, berita terbaru tentang dirinya masih banyak beredar dan cukup mudah ditemukan. Walaupun pada tahun ini tidak setiap hari diberitakan, berita BTP masih banyak dicari.

Kabar Baru Ahok BTP, Ternyata Masih Suka Takut Gendong Bayi Kecilnya - Tribun Jabar

Beberapa di antaranya patut dibahas, seperti fakta bahwa BTP sempat hampir meninggal, naik pitam karena netizen, saran penggunaan Qlue, permasalahan work from home, isu penghapusan pertalite serta premium, dan lain-lain.

Sumber :

Dari Berbagai Sumber

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *