Kam. Sep 23rd, 2021

Cerita Hidup Dunia – Bagaikan misteri, sosok 9 Naga penguasa ekonomi Indonesia selalu muncul dan tenggelam. ketimpangan kesejahteraan disebabkan adanya 9 naga yang merupakan 9 figur misterius yang menguasai perekonomian nasional.

How To Train Your Dragon: Fiksi Matinya Satu dari 9 Naga Halaman all -  Kompasiana.com

Sebuah buku Oligopoli judulnya, isinya adalah bentuk persaingan yang tidak sempurna, dimana hanya terdapat beberapa produsen yang berkuasa dalam pasar bebas. Katanya sih tidak sehat, karena dilandasi dengan aksi menahan perusahaan-perusahaan potensial masuk ke dalam pasar.

Kisah 9 naga penguasa ekonomi Indonesia, pertama kali mencuat di tahun 90an, menjelang akhir pemerintahan Soeharto. Media yang menyoroti hal ini, menekankan ketimpangan ekonomi Indonesia yang dikuasai oleh sang presiden dan kroni-kroninya.

Pengamat: Ahok Tampak Kuat Karena Dibekingi 9 Naga

Pertanyaan-pertanyaan seperti apa dan siapa 9 naga konglomerat Indonesia tersebut, siapakah 9 naga penguasa ekonomi Indonesia, kekayaan 9 naga Indonesia, hingga bagaimana 9 naga mengatur perekonomian Indonesia masih menjadi misteri hingga saat ini.

Dikemudian hari, sosok 9 naga ini kembali menjadi sorotan dan kata kunci 9 naga cukup banyak dicari warganet di mesin pencarian.

Meskipun sudah ada beberapa nama yang mencuat di benak masyarakat, keberadaan pasti dan label 9 naga ini masih merupakan praduga semata.

Siapa 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia – Guru

Beberapa nama besar yang pernah disebut di medio 90an, sekarang nampaknya sudah tidak berkibar lagi. Beberapa pengusaha yang konon masuk ke dalam grup ini, bahkan belum ada apa-apanya di zaman Soeharto.

Sejujurnya, Konotasi ini pun sangat negatif. Kondisi kepincangan dihubungkan dengan 9 naga yang sangat identik dengan budaya etnis tertentu. Selain itu, secara etnologi, kata naga ini sangat berhubungan dengan “kekuasaan yang besar”.

Ada yg inget issue 9 Naga dukung Jokowi?... - Indonesia Berjaya | Facebook

Beredarnya kabar Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama dan Jokowi Berlindung dibaik 9 naga ini memunculkan berbagai pendapat dari para pengamat.

Sebagian pengamat menilai, salah satu kekuatan menonjol di balik Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama  ialah adanya sejumlah konglomrat Cina. Pengamat politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun mengatakan, publik  mengenal para pemodal itu sebagai sembilan naga atau sembilan barongsai.

Jagat Binor on Twitter: "Pembagian kue APBN tak adil, Naga bandar pendukung  jokowi pecah kongsi http://t.co/UQHIHMaM8p - by @bangzul_pni  http://t.co/Qx2fUrCV5M"

Politikus muda Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia juga mengaku curiga, ada kekuatan besar yang melindungi Ahok sehingga diperlakukan berbeda dengan tersangka lain dalam kasus penistaan agama. Menurut Doli, indikasi ada kekuatan besar yang melindungi Ahok mengarah kepada kelompok taipan yang sedang menjalani bisnis properti dan melakukan reklamasi Teluk Jakarta.

Fakta Dibalik Cerita 9 Naga, Konglomerat Cendana, Jokowi dan Ahok

Tidak hanya itu, dalam minggu-minggu terakhir, di media sosial juga  beredar kicauan bahwa, melalui Ahok, konglomerat “Sembilan Naga” akan lebih leluasa menguasai ekonomi Indonesia yang memang sebagian besar sudah berada dalam genggaman mereka. Benarkah demikian?.itu masih menjadi misteri yang belum berhasil di ungkapkan.

Terungkap, Aguan Sering Bertemu Ahok | KASKUS

Terlebih saat ini, struktur ekonomi Indonesia masihmerupakan peninggalan Orde Baru yang masih lekat dengan dominasi segelintir para pengusaha besar itu.

Anggota dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Harryadin Mahardika mengatakan, dominasi 9 naga dalam dunia usaha sudah terjadi sejak dulu sejak jaman orde baru. Namun hingga hari ini, sampai era kepemimpinan Presiden Jokowi, para pengusaha itu masih eksis.

Dukungan Tomy Winata Bisa Gerus Elektabilitas Jokowi

Ketika media ramai2 menyebut2 Gang Of Nine yg dibekingi keluarga Cendana dan para petinggi militer Orba. Taipan Tommy Winata bersama Sugianto alias Aguan disebut sbg God Father nya. Padahak ketika diklarifikasi ke Tommy winata, beliau malah baru dengar istilah 9 taipan itu.

Siapa saja 9Dragon balls itu?
1. Tommy Winata, penguasa bank Artha Graha

Tomy Winata: Hubungan dengan Militer Normal Saja

2. Sugianto (Aguan), dikenal tahun 70an sbg penyelundup barang elektronik via Palembang.

Tzu Chi Mampu Jalankan Bakti Sosialnya Selama 38 Tahun lebih Jelas Sugianto  Kusuma - Tribunnews.com Mobile

3. Arief Prihatna (Cocong), pemain sejakbtahun 75an, urusan memasukkan barang lewat pintu belakang (mobil, elektronik, obat sinshe dr LN)

JAKARTA NIGHTLIFE: 9 Naga, Gengster Legendaris Indonesia

4. Edi Winata, bos Porkas dan bandar judi tahun 80an.

Tag: Edi Winata - Pelancong Kecewa dengan Billboard di Medan - Tribun Medan

5. Kwee Haryadi kumala (A Sie), spesialis pembebasan tanah

Dua Bos PT Bukit Jonggol Asri Dicegah KPK ke Luar Negeri - Warta Kota

6. Cahyadi Kumala (Sui Teng)

Di KPK, Anak Bos Sentul City Lari Terbirit-birit - Nasional Tempo.co

7. Arie Sigit, pengusaha ekstasi dg omzet ratusan Millar sebulan

Tak Sendiri, Cucu Soeharto Ari Sigit Akan Diperiksa Terkait Kasus MeMiles  Bersama Istri dan Ibunya - Tribunnews.com Mobile

8. Iwan Cahyadi Karsa (Eng Tiong), pt Sumber Auto graha yg telah membeli 14ribu mobil Timor

Satu dari 9 Naga Indonesia, Iwan Tjahyadikarta Meninggal Dunia, Begini  Sepak Terjangnya - Halaman all - Tribun Medan

9. Johnny Kesuma, pt Artha Graha Investama

Sembilan Naga, Gengster Legendaris Asal Indonesia ? | Bayt al-Hikmah  Institute

Ke 9 Taipan ini adalah pebisnis2 Cina yang punya keterikatan dengan keluarga Cendana, terutama dg anak2 Soeharto dan jendral2 TNI sehingga konon mrk leluasa mengembangkan bisnis haramnya.

Kalau kita tarik benang merahnya, 9 taipan itu mana mungkin berhubungan akrab dengan Jokowi Ahok???? Mereka dulu sangat akrab dengan petinggi TNI, DULUUUU TAON 70AN- 80AN…

Sembilan Naga, Gengster Legendaris Asal Indonesia ? | Bayt al-Hikmah  Institute
Nah di taon 70an pak Jokowi masih remaja, Ahok masih imut2… lalu kita tahu keluarga Cendana gak suka dengan Jokoei Ahok, tapi kok mereka dikait2an sih??

Kenapa saya bisa berasumsi begitu? Karena saya kenal salah satu taipan itu yg kalo lebaran cina selalu kasih saya ANGPAU… Hahahahhahaha… jadi saya ngakak aja ada istilah 9 TAIPAN atau 9 NAGA atau GANG OF NINE… mbelgedhes!!! ITU HANYA ISU KMPRET UTK MEMFITNAH JOKOWI AHOK… UTK MEMBUAT RAKYAT MEMBENCI JOKOWI AHOK….

9 Naga Membayar 9 Onta Untuk Menipu 9 Juta Keledai | by Bambang Ardiyanto |  Medium

CERDASLAH….. BACA SEJARAH PERLAHAN2… JANGAN ASPLAK!!

BUAT APA PARA TAIPAN ITU MENYOKONG JOKOWI AHOK YG ANTI SOGOK??

BUAT APA PARA TAIPAN ITU MENYOKONG JOKOWI AHOK KALO NYATANYA SEKARANG SALAH SATU TAIPANNYA YG TAK ADA DLM DAFTAR 9 TAIPAN ITU MALAH DITANGKAP KPK???

BTW…. YG DITANGKAP ITU.. SI BOSS APL, TAIPAN ATAU CALON TAIPAN YAA??? ATAU TAIPAN KE 10???

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *