Kam. Sep 23rd, 2021

Cerita Hidup Dunia – Dari Boboho sampai Jet-Li, sepertinya dua nama tersebut bisa mewakili kepopuleran belada diri Kung-Fu dari vihara Shaolin di Cina. Siapa juga yang bakal lupa sama Shaolin Soccer, film yang menggabungkan dua hal yaitu kung-fu dan sepakbola? Oleh karena hal tersebut banyak orang tertarik dengan Shaolin Kung-Fu, kepopuleran film Shaolin Kung-Fu bahkan mengalah mereka para master Kung-Fu Shaolin.

11th Zhengzhou International Shaolin Kung Fu Festival in Dengfeng

Karena referensi banyak orang tentang Shaolin mungkin hanya sebatas film, nggak sedikit orang juga menutup mata menelusuri jejak sejarahnya. Dirangkum dari List Verse, yuk kita cari tau tentang sejarah dan fakta unik dari kehidupan Shaolin serta ilmu bela-diri kung-fu mereka yang sudah Cerita Hidup Dunia siapin.

1. Cikal bakal Shaolin ternyata bukan dari negeri Cina lho. Melainkan biksu yang mengembara dari India bernama Batuo atau Buddhabhadra pada tahun 464 M

Gallery – Shaolin Club

2. Shaolin bukanlah biara pertama dan satu-satunya yang mengajarkan seni bela diri. Baru kira-kira pada abad kelima atau keenam setelah kedatangan Bodhidarma, seni bela diri diajarkan di Shaolin

9 Potret Shaolin di Kehidupan Nyata. Biasa Lihat di Film, Ternyata Banyak  yang Belum Tahu Faktanya

3. Tak ada catatan kuat yang menyatakan tentang sejarah Kung-Fu berasal dari Shaolin. Baru pada masa Dinasti Ming, banyak orang berasumsi Kung-Fu berasal dari para Shaolin di Cina

Inilah 4 Kesaktian Biksu Shaolin, Ada Tahan Tusukan Tombak - Halaman 2 -  Tribun Manado

4. Diceritakan Bodhidharma memotong kelopak matanya untuk menahan kantuk saat meditasi. Kelopak mata itu tumbuh jadi daun teh kering yang serupa kelopak mata sayu

A Bodhidharma statue in Kencho-ji | Bodhidharma, Buddhist, Japan temple

5. Diceritakan telah hidup “manusia serigala” dari Shaolin. Konon jika para biksu rata-rata hanya mampu menguasai dua jurus, manusia serigala bernama Tai Djin ini bisa menguasai 200 jurus bahkan lebih!

7 Tanda Lahir Paling Aneh dan Unik di Dunia - Global Liputan6.com

6. Saking populernya, Star Wars terinspirasi oleh seni bela-diri Kung-Fu Shaolin lewat tokoh Jedi Knights

Young Jedi Knights by Joe Corroney and Chris Scalf (Jaina, Jacen, Lowie,  Tenel Ka, Anakin Solo, Zekk, Tahiri.) | Star wars images, Star wars, Star  wars books

Kuil Shaolin terletak di kaki pegunungan Songshan, 15 kilometer dari kota Dengfeng, yang berjarak sekitar 70 kilometer dari Zhengzhou, ibukota provinsi Henan, Tiongkok. Kompleks Kuil Shaolin terbagi menjadi tiga area utama di dalamnya. Anda akan memasuki gerbang utama dimana Anda dapat membeli tiket masuk.  Di area gerbang utama ini terdapat sebuah alun-alun yang diapit oleh penjual suvenir di kedua sisinya.

Sejarah Kuil Shaolin

Kuil Henan Shaolin gambar unduh gratis_imej 501051152_Format  JPG_my.lovepik.com

Dikatakan bahwa seorang biksu dari India bernama Buddhabhadra datang ke Tiongkok pada masa pemerintahan Kaisar Xiaowen selama periode Dinasti Wei pada tahun 495 AD. Kaisar menawarkan Buddhabhadra untuk mengajar agama Buddha di istana. Buddhabhadra menolak tawaran tersebut namun tetap diberikan lahan untuk membangun kuil di Gunung Songshan. Disanalah dia membangun Kuil Shaolin.
Sejarah Vihara Shaolin Di Gunung Song, China - Edupaint
Tiga puluh tahun setelah Shaolin didirikan, seorang biksu Buddha lainnya dari India bernama Bodhidharma datang ke Tiongkok untuk mengajarkan aliran Zen. Dia berkeliling ke seluruh Tiongkok dan akhirnya datang ke Gunung Songshan tempat dia menemukan Kuil Shaolin dan meminta untuk diterima masuk.
Bodhidharma - The First Patriarch of Ch'an Buddhism
Kepala biara, Fang Chang, menolaknya dan konon Bodhidharma mendaki gunung dan masuk ke sebuah gua tempat dia bermeditasi selama sembilan tahun. Diyakini bahwa dia duduk menghadap dinding gua selama sembilan tahun sehingga bayangannya menjadi permanen di dinding gua. Setelah sembilan tahun, Fang Chang akhirnya memberikan Bodhidharma masuk ke Kuil Shaolin dimana dia menjadi pembina aliran Zen.
Bodhidharma, the Founder of Zen Buddhism – Zenlightenment
Selama bermeditasi di gua, Bodhidharma berlatih agar tetap bugar, namun ketika dia memasuki Kuil Shaolin ternyata para biksu disana dalam kondisi yang tidak fit. Dia mengembangkan serangkaian latihan yang kemudian menjadi dasar untuk seni bela diri Shaolin. Seni bela diri saat itu sudah tersebar luas di Tiongkok dan banyak biksu merupakan bekas prajurit. Jadi, latihan bela diri yang sudah ada dikombinasikan dengan ajaran Bodhidharma menciptakan versi Shaolin dari Kung Fu.
LOS ANIMALES DEL KUNG FU (TÉCNICAS) | Kung fu martial arts, Shaolin kung fu,  Martial arts
Jika anda ingin mengunjungi Kuil Shaolin, sebaiknya Anda mengatur perjalanan Anda dari kota Zhengzhou dimana banyak travel agent yang menyediakan mobil dan tour guide. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menaiki bus ke Kuil Shaolin yang berangkat dari terminal bus Zhengzhou. Jika memungkinkan, habiskanlah seharian penuh disana sehingga Anda memiliki banyak waktu untuk berkeliling di sekitar kompleks kuil dan bahkan berjalan-jalan di pegunungan atau mendaki bukit ke gua Bodhidharma.
Kung fu dazzles Shaolin Temple[1]- Chinadaily.com.cn
Sumber :
https://kumparan.com/maulana-akbar-1573608724886077647/mengunjungi-kuil-shaolin-yang-legendaris-1sO5lNHptvG/full
https://www.hipwee.com/feature/9-potret-shaolin-di-kehidupan-nyata-biasa-lihat-di-film-ternyata-banyak-yang-belum-tahu-faktanya/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *