Sen. Jun 21st, 2021

Cerita Hidup Dunia – Kuil Shaolin, mungkin biara Buddha Tiongkok yang paling terkenal di dunia dan dilegendakan sebagai tempat kelahiran kung fu, telah diumumkan dalam upacara pengibaran bendera bahwa sekarang menjadi milik Partai Komunis Tiongkok (PKT).

 

Kuil Shaolin mengibarkan bendera Cina untuk pertama kali sejak 1.500 tahun lamanya dalam sejarah organisasi Budha yang terkenal dengan kemampuan bela dirinya.

Pengibaran bendera Cina dilakukan secara megah di kuil Shaolin di Mount Song, provinsi Henan pada hari Senin, 27 Agustus 2018.

Asal Mula Kuil Shaolin & Kungfu : Okezone Lifestyle

Kuil Shaolin mengibarkan bendera Cina sebagai desakan pemerintah ke seluruh organisasi agama untuk mendorong sikap patriotik dan cinta tanah air.

3 Days Zhengzhou City Tour with Chinese Kungfu Experience in Shaolin  Temple, Zhengzhou Tour with Shaolin Kung Fu – China Travel Agency, China  Tours 2019 | China Dragon Tours

 

 

Sejumlah pejabat dari Departemen Persatuan Front Bekerja, lembaga yang mengawasi organisasi-organisasi agama di Cina karena Partai Komunis khawatir mereka menjadi ancaman terhadap pihak yang berkuasa, menghadiri acara pengibaran bendera, seperti dilansir Sydney Morning Herald, Selasa, 28 Agustus 2018.

Berkunjung ke Kuil Shaolin yang Melegenda Halaman all - Kompasiana.com

Dalam beberapa tahun terakhir, Partai Komunis ateis telah memperketat cengkeraman ideologisnya di atas keyakinan-keyakinan beragama. Pada bulan Maret, rezim telah memulai kampanye untuk memaksa semua tempat keagamaan untuk memasukkan bendera nasional, konstitusi, “nilai-nilai inti sosialis,” dan budaya tradisional Tiongkok. Rejim Tiongkok menyebut kampanye ini “Empat Kunci Masuk.”

Monastero Shaolin (Shaolin Temple), Dengfeng - Tripadvisor

Dengan harapan bahwa sesuai dengan kampanye tersebut akan meredakan ketegangan, banyak masjid Islam telah menaikkan bendera nasional sejak Mei.

История монастыря Шаолинь - один день из жизни монахов

Kewajiban organisasi keagamaan mengibarkan bendera Cina diperkenalkan pada 31 Juli lalu. Kepala kuil Shaolin, Shi Yongxin mengatakan, Shaoulin harus mengambil tampuk pimpinan dan menggelar acara di gerbang Gunung Songshan.

Australia Bakal Miliki Kuil Shaolin China : Okezone Travel

Kuil Shaolin merupakan organisasi Budha yang terkenal dan menjadi simbol nilai-nilai Budha yang paling terkemuka di Cina.

Acara pengibaran bendera Cina yang diikuti puluhan biksu di halaman kuil Shaolin menuai sejumlah tanggapan, ada yang mendukung dan ada pula yang mengkritik.

Kuil Shaolin di Tiongkok Cari Pegawai Media dan Promosi

“Sebagai Budha, hal ini membuat perasaan saya tak nyaman. Sebelumnya, saya mengira keyakinan agama murni, namun sekarang hal ini membingungkan saya… dengan patriotisme ikut campur dengan kehidupan spiritual, tidak ada tempat lagi untuk pemikiran individu.

Dicari, Humas untuk Kuil Shaolin di Tiongkok! - Sriwijaya Post

Apakah ini seperti masyarakat harmonis?” ujar seorang netizen melalui Weibo, seperti dikutip dari South China Morning Post, Selasa, 28 Agustus 2018.

Calon pendekar dari Kuil Shaolin - Merawat Indonesia

 

Netizen lainnya berujar:” Budha dan Marx telah berjabatan tangan… ajaran Budha berkembang baik dalam pemikiran, tubuh dan jiwa__apa yang dilakukan untuk politik? .

Dicari, Humas untuk Kuil Shaolin di Tiongkok! - Sriwijaya Post

Tidak pernahkah para biksu di vihara meninggalkan kehidupan duniawi? Saya merasa tidak nyaman dan hanya berpikir bahwa pengibaran bendera nasional di kuil tidak pantas sama sekali.”

Kuil Shaolin Angkat Bendera Nasional Memberi Sinyal Kontrol Beijing -  Erabaru

Cina di bawah pemerintahan presiden Xi Jinping telah mulai mendesak organisasi keagamaan untuk mengibarkan bendera nasional dari Maret tahun ini. Aturan ini berlaku juga untuk masjid dan gereja.

Kuil Nan Shaolin Kuil Tianwang gambar unduh gratis_ Foto 501291373_Format  gambar JPG_lovepik.com

Nama Kuil Shaolin di Cina mendunia setelah difilmkan pada tahun 1982 oleh aktor utama Jet Li dengan kemampuan bela dirinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *