Kam. Sep 23rd, 2021
Cerita Hidup Dunia – Misteri kehidupan di Mars sampai saat ini masih membuat penasaran banyak orang. Apakah kamu termasuk salah satu yang sangat tertarik dengan misteri kehidupan di Mars tersebut, sobat ceritahidupdunia?
Sejak dulu, Mars yang dijuluki planet merah tersebut memang sangat menarik perhatian manusia yang hidup di Bumi.
Humans on Mars: What Do We Need to Survive the Red Planet? | Events
Maka enggak heran kalau berbagai penelitian dilakukan untuk dapat mengetahui lebih banyak tentang planet yang ke-4 dari matahari tersebut.
Makin banyak yang digali oleh manusia, ternyata makin banyak misteri yang bikin kita jadi makin penasaran, terutama tentang kehidupan di Mars. Yuk, kita simak bersama tentang misteri tersebut, sobat ceritahidupdunia!
Misteri Kehidupan di Mars
Viking 1 milik NASA adalah wahana pertama yang berhasil mendarat di Mars. Viking adalah wahana yang secara khusus ditugaskan dengan misi untuk mencari kehidupan di Mars, sobat ceritahidupdunia.
Wahana tersebut melaporkan telah menemukan adanya molekul organik seperti metil klorida dan dichloromethane di Mars. Namun, penemuan itu masih menjadi misteri.
What a mission to Mars can teach us about protecting planet Earth | Living
Soalnya senyawa itu dianggap mempunyai kemungkinan merupakan kontaminasi dari Bumi yang terbawa saat wahana bersiap meluncur di Bumi.
Permukaan Mars sendiri sangat enggak bersahabat bagi makhluk hidup di antaranya karena suhu yang sangat rendah, radiasi, kondisi kering, dan berbagai  faktor lain. Tapi, diketahui ada makhluk hidup yang terbukti bisa bertahan hidup di lingkungan ekstrem di Bumi, sobat ceritahidupdunia.
Misalnya para makhluk yang berada di Lembah Kering Antartika yang dingin juga kering, atau wilayah yang teramat kering di Gurun Atacama di Cile.  Di sisi lain, kemungkinan pernah ada lautan di Mars. Lalu apakah pernah ada kehidupan di sana?  Kalau benar-benar ada, apakah sampai sekarang makhluk hidup di Mars masih eksis Apakah ada bukti kehidupan di Mars?
Apakah Manusia Bisa Tinggal di Mars?
Masih banyak tentang misteri kehidupan di Mars yang ingin diketahui oleh manusia. Pada tahun 1969, NASA pernah merencanakan untuk meluncurkan misi berawak ke Mars pada tahun 1981 dan membangun stasiun permanen di sana pada tahun 1988.

Life on Mars? 12-mile liquid water lake found on Red Planet | Science & Tech News | Sky News

Akan tetapi, misi perjalanan antarplanet tersebut menemui berbagai tantangan baik secara ilmiah maupun teknologi, sobat ceritahidupdunia. Untuk dapat menjalankan misi tersebut para ilmuwan menghadapi tantangan seperti soal air, makanan, oksigen, efek gravitasi mikro, kemungkinan radiasi yang berbahaya.

Enggak hanya itu, kenyataan yang ada di depan adalah nantinya astronaut akan berada jutaan kilometer dari Bumi, sehingga kalau terjadi suatu hal maka enggak akan mudah untuk memberikan bantuan. Belum lagi di Mars para astronaut harus mendarat, bekerja, dan hidup di planet yang belum banyak diketahui seluk-beluknya.

Kemudian, setelah itu semua mereka harus kembali dari planet lain ke Bumi, tentu bukan hal yang mudah, ya, sobat ceritahidupdunia.. Namun, ternyata ada banyak peneliti yang ingin menjalankan misi tersebut, lo.

Pada tahun 2011, diberitakan oleh Kompas.com bahwa pada tahun tersebut ada enam sukarelawan yang hidup terisolasi seolah sedang berada dalam wahana ruang angkasa. Isolasi tersebut adalah proyek yang disebut Mars500 yang dilakukan selama 520 hari.

Life on Earth and Mars: Where have we been and where are we going - The Independent | News Events Opinion More

 

Proyek tersebut merupakan simulasi penerbangan ruang angkasa terlama yang dilakukan untuk meniru perjalanan ke Mars. Di luar itu, sebenarnya ada banyak sukarelawan yang bersedia diterbangkan ke Mars untuk menjalankan misi meski ada kemungkinan enggak bisa kembali lagi ke Bumi, sobat ceritahidupdunia.

Selain itu, ada berbagai macam rencana yang juga telah dibuat oleh para ilmuwan sebelum mendatangkan manusia ke Mars, misalnya dengan mengirimkan mikroba pemakan batu. Lalu, apakah manusia bisa tinggal di Mars? Hmm… sepertinya misteri kehidupan di Mars masih menyimpan banyak cerita.Tapi, bagaimana kalau kita menjawab sebuah pertanyaan terlebih dahulu, sobat ceritahidupdunia. Sebenarnya, mengapa kita harus mencoba menjelajahi Mars, si planet merah itu, ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *