Sen. Jun 21st, 2021

Cerita Hidup Dunia – Kolonel Harland David Sanders 9 September 1890 – 16 Desember 1980 adalah seorang pengusaha Amerika, yang terkenal karena mendirikan jaringan restoran ayam cepat saji Kentucky Fried Chicken (juga dikenal sebagai KFC) dan kemudian bertindak sebagai duta merek perusahaan dan simbol.

Biografi Kolonel Harland Sanders - Kisah Inspiratif Pendiri KFC | Biografiku.com

Nama dan gambarnya masih menjadi simbol perusahaan. Gelar ‘kolonel’ adalah kehormatan – Kolonel Kentucky – bukan pangkat militer.
Sanders memegang sejumlah pekerjaan di awal kehidupannya, seperti stoker mesin uap, penjual asuransi dan operator stasiun pengisian bahan bakar. Dia mulai menjual ayam goreng dari restoran pinggir jalannya di North Corbin, Kentucky, selama Depresi Hebat.

Selama waktu itu Sanders mengembangkan “resep rahasianya” dan metode patennya memasak ayam dalam penggorengan bertekanan. Sanders menyadari potensi konsep waralaba restoran, dan waralaba KFC pertama dibuka di South Salt Lake, Utah pada tahun 1952. Ketika restoran aslinya tutup, dia mengabdikan dirinya penuh waktu untuk mewaralabakan ayam gorengnya di seluruh negeri.
Ekspansi cepat perusahaan di seluruh Amerika Serikat dan luar negeri menjadi luar biasa bagi Sanders.

KFC wants to cut its plastic waste - GRA

Pada tahun 1964, saat itu berusia 73 tahun, dia menjual perusahaan tersebut kepada sekelompok investor yang dipimpin oleh John Y. Brown Jr. dan Jack C. Massey seharga $ 2 juta ($ 16,5 juta hari ini). Namun, dia tetap memegang kendali operasi di Kanada, dan dia menjadi duta merek yang digaji untuk Kentucky Fried Chicken. Di tahun-tahun terakhirnya, dia menjadi sangat kritis terhadap makanan yang disajikan oleh restoran KFC, karena dia yakin mereka telah memotong biaya dan membiarkan kualitas memburuk.

Harland David Sanders lahir pada tanggal 9 September 1890, di sebuah rumah dengan empat kamar tidur yang terletak 3 mil (5 km) di timur Henryville, Indiana. Dia adalah anak tertua dari tiga bersaudara yang lahir dari Wilbur David dan Margaret Ann (née Dunlevy) Sanders.  Ibunya adalah keturunan Irlandia dan Belanda. Keluarga itu menghadiri Gereja Kristen Advent. Ayahnya adalah seorang pria yang lembut dan penuh kasih sayang yang bekerja di pertanian seluas 80 hektar, sampai kakinya patah setelah terjatuh.

How KFC's Colonel Sanders served dinner to scientists working on Hiroshima bomb | Daily Mail Online

Dia kemudian bekerja sebagai tukang daging di Henryville selama dua tahun. Ibu Sanders adalah seorang Kristen yang taat dan orang tua yang ketat, terus-menerus memperingatkan anak-anaknya tentang “kejahatan alkohol, tembakau, perjudian, dan bersiul pada hari Minggu.

Ayah Sanders meninggal pada tahun 1895. Ibunya bekerja di pabrik pengalengan tomat, dan Harland muda ditinggalkan untuk menjaga dan memasak untuk saudara-saudaranya. Pada usia tujuh tahun, dia dilaporkan terampil dengan roti dan sayuran, dan berkembang dengan daging; anak-anak mencari makan sementara ibu mereka pergi selama berhari-hari untuk bekerja.

Saat berusia 10 tahun, Sanders mulai bekerja sebagai buruh tani.
Pada tahun 1902, ibu Sanders menikah lagi dengan William Broaddus, dan keluarganya pindah ke Greenwood, Indiana. Sanders memiliki hubungan yang kacau dengan ayah tirinya. Pada tahun 1903, ia putus sekolah dari kelas tujuh (kemudian menyatakan bahwa “aljabar yang membuat saya putus asa”), dan pergi untuk tinggal dan bekerja di sebuah pertanian terdekat.

Kisah Inspiratif Pendiri KFC Colonel Sanders | Sharing is Caring!

Pada usia 13 tahun, dia meninggalkan rumah. Dia kemudian mengambil pekerjaan mengecat kereta kuda di Indianapolis. Ketika berusia 14 tahun, dia pindah ke Indiana selatan untuk bekerja sebagai buruh tani.

1906–1930: Berbagai pekerjaan

Pada tahun 1906, dengan persetujuan ibunya, Sanders meninggalkan daerah itu untuk tinggal bersama pamannya di New Albany, Indiana. [8] Pamannya bekerja di perusahaan trem, dan memberi Sanders pekerjaan sebagai kondektur. [9]
Sanders memalsukan tanggal lahirnya dan mendaftar di Angkatan Darat Amerika Serikat pada Oktober 1906, menyelesaikan komitmen dinasnya sebagai seorang wagoner (lihat teamster) di Kuba.

Dia diberhentikan dengan hormat pada Februari 1907 dan pindah ke Sheffield, Alabama, di mana pamannya tinggal. Di sana, dia bertemu dengan saudaranya Clarence, yang juga pindah ke sana untuk melarikan diri dari ayah tiri mereka. Pamannya bekerja untuk Southern Railway, dan memberi Sanders pekerjaan di sana sebagai pembantu pandai besi di bengkel.

Kisah Inspiratif Kolonel Sanders Hingga Sukses Membangun KFC - Blog Unik

Setelah dua bulan, Sanders pindah ke Jasper, Alabama, di mana dia mendapat pekerjaan membersihkan panci abu dari kereta api dari Northern Alabama Railroad (sebuah divisi dari Kereta Api Selatan) ketika mereka telah menyelesaikan perjalanan mereka.

Sanders berkembang menjadi petugas pemadam kebakaran (stoker mesin uap) sejak usia 16 tahun. Dia bekerja selama hampir tiga tahun sampai dia dipecat karena “pembangkangan” setelah dia sakit.

Awal Mula KFC Berdiri & Omset nya Sekarang- WOW - YouTube
Sanders menemukan pekerjaan buruh dengan Norfolk and Western Railway dari tahun 1910. Saat bekerja di perusahaan kereta api, dia bertemu Josephine King dari Jasper, Alabama, dan mereka menikah tidak lama kemudian. Mereka kemudian memiliki seorang putra, Harland, Jr., yang meninggal pada tahun 1932 karena amandel yang terinfeksi, dan dua putri, Margaret Sanders dan Mildred Sanders Ruggles.

 

Dia kemudian mendapatkan pekerjaan sebagai petugas pemadam kebakaran di Illinois Central Railroad, dan dia dan keluarganya pindah ke Jackson, Tennessee. Pada malam hari, Sanders belajar hukum melalui korespondensi melalui La Salle Extension University. Sanders kehilangan pekerjaannya di Illinois setelah bertengkar dengan seorang rekan. Sementara Sanders pindah untuk bekerja di Rock Island Railroad, Josephine dan anak-anak pergi untuk tinggal bersama orang tuanya.

Kisah Inspiratif Kolonel Sanders Hingga Sukses Membangun KFC - Blog Unik

Setelah beberapa saat, Sanders mulai mempraktikkan hukum di Little Rock, yang dia lakukan selama tiga tahun, menghasilkan cukup uang untuk keluarganya untuk pindah bersamanya. Karir hukumnya berakhir setelah perkelahian di ruang sidang dengan kliennya sendiri menghancurkan reputasinya. Periode ini merupakan titik terendah yang nyata bagi Sanders.

Seperti penulis biografinya John Ed Pearce menulis, “[Sanders] telah mengalami kegagalan berulang-ulang sebagian besar melalui sikap kasar, kurangnya pengendalian diri, ketidaksabaran, dan kurangnya diplomasi yang merasa benar sendiri.

Setelah insiden tersebut, Sanders dipaksa untuk tinggal kembali dengan ibunya di Henryville, dan pergi bekerja sebagai buruh di Pennsylvania Railroad. Pada tahun 1916, keluarganya pindah ke Jeffersonville, di mana Sanders mendapat pekerjaan sebagai penjual asuransi jiwa untuk Prudential Life Insurance Company. Sanders akhirnya dipecat karena pembangkangan. Dia pindah ke Louisville dan mendapatkan pekerjaan penjualan dengan Mutual Benefit Life of New Jersey.

10 Kisah Menakjubkan KFC yang Tak Banyak Diketahui, Colonel Sanders Bukan Angkatan Militer - Halaman all - Tribun Travel
Pada tahun 1920, Sanders mendirikan perusahaan kapal feri, yang mengoperasikan kapal di Sungai Ohio antara Jeffersonville dan Louisville. Dia mencari pendanaan, menjadi pemegang saham minoritas sendiri, dan diangkat sebagai sekretaris perusahaan. Kapal feri itu langsung sukses. Sekitar tahun 1922 ia mengambil pekerjaan sebagai sekretaris di Kamar Dagang di Columbus, Indiana.

Dia mengakui bahwa dia tidak pandai dalam pekerjaan itu, dan mengundurkan diri setelah kurang dari setahun. Sanders menguangkan saham perusahaan kapal feri miliknya seharga $ 22.000 ($ 330.000 hari ini) dan menggunakan uang tersebut untuk mendirikan perusahaan yang memproduksi lampu asetilen. Usaha tersebut gagal setelah Delco memperkenalkan lampu listrik yang dijual secara kredit.

Tak Banyak yang Tahu, 5 Fakta dibalik Pendiri KFC Ini Bikin Kagum! - Kwikku

Sanders pindah ke Winchester, Kentucky, untuk bekerja sebagai salesman di Michelin Tire Company. Dia kehilangan pekerjaannya pada tahun 1924 ketika Michelin menutup pabrik manufakturnya di New Jersey. Pada tahun 1924, secara kebetulan, dia bertemu dengan manajer umum Standard Oil of Kentucky, yang memintanya untuk menjalankan bengkel di Nicholasville. Pada tahun 1930, stasiun tersebut ditutup akibat Depresi Hebat.

1930–1952: Karier selanjutnya

Pada tahun 1930, Perusahaan Minyak Shell menawarkan Sanders sebuah bengkel di North Corbin, Kentucky, tanpa biaya sewa, sebagai imbalan untuk membayar perusahaan tersebut sekian persen dari penjualan. Sanders mulai menyajikan hidangan ayam dan makanan lainnya seperti ham dan steak pedesaan. Awalnya dia melayani pelanggan di tempat tinggalnya yang berdekatan sebelum membuka restoran.

Reviving Col. Sanders, KFC is truly in control | Business | lacrossetribune.com

Selama periode inilah Sanders terlibat dalam baku tembak dengan Matt Stewart, pesaing lokal, atas pengecatan ulang tanda yang mengarahkan lalu lintas ke stasiunnya. Stewart membunuh seorang karyawan Shell yang bersama Sanders dan dihukum karena pembunuhan, menghilangkan persaingan Sanders.

Sanders ditugaskan sebagai kolonel Kentucky pada tahun 1935 oleh gubernur Kentucky Ruby Laffoon. Popularitas lokalnya tumbuh, dan, pada tahun 1939, kritikus makanan Duncan Hines mengunjungi restoran Sanders dan memasukkannya ke dalam Adventures in Good Eating, panduannya ke restoran di seluruh AS. Entri itu berbunyi:

Corbin, KY. Sanders Court dan Café
41 – Jct. dengan 25, 25 E. ½ Mi. N. dari Corbin. Buka sepanjang tahun kecuali Natal.Tempat yang sangat baik untuk berhenti dalam perjalanan ke Cumberland Falls dan Great Smokies. Layanan 24 jam terus menerus. Steak mendesis, ayam goreng, ham desa, biskuit panas. L. 50 ¢ sampai $ 1; D., 60 ¢ hingga $ 1.

KFC History, Swift Current, Saskatchewan, Canada

Pada Juli 1939, Sanders membeli sebuah motel di Asheville, North Carolina. [23] Restoran dan motel North Corbin miliknya hancur dalam kebakaran pada November 1939, dan Sanders membangunnya kembali sebagai motel dengan restoran berkapasitas 140 kursi. Pada Juli 1940, Sanders telah menyelesaikan “Resep Rahasia” untuk menggoreng ayam dalam penggoreng bertekanan yang memasak ayam lebih cepat daripada menggoreng wajan.

 

Ketika Amerika Serikat memasuki Perang Dunia II pada bulan Desember 1941, gas dijatah, dan saat pariwisata mengering, Sanders terpaksa menutup motelnya di Asheville. Dia bekerja sebagai supervisor di Seattle sampai akhir tahun 1942. Dia kemudian menjalankan kafetaria untuk pemerintah di sebuah pabrik persenjataan di Tennessee, diikuti dengan pekerjaan sebagai asisten manajer kafetaria di Oak Ridge, Tennessee.

Dia meninggalkan kekasihnya, Claudia Ledington-Price, sebagai manajer restoran dan motel North Corbin. Pada tahun 1942, dia menjual bisnis Asheville. Pada tahun 1947, dia dan Josephine bercerai dan Sanders menikahi Claudia pada tahun 1949, seperti yang telah lama dia inginkan. Sanders “ditugaskan kembali” sebagai kolonel Kentucky pada tahun 1950 oleh temannya, Gubernur Lawrence Wetherby.

7 Hal tentang Kolonel Sanders KFC | Pemotivasi

1952–1980: Kentucky Fried Chicken

Pada tahun 1952, Sanders mewaralabakan resep rahasianya “Kentucky Fried Chicken” untuk pertama kalinya, kepada Pete Harman dari South Salt Lake, Utah, operator salah satu restoran terbesar di kota itu. [26] Pada tahun pertama penjualan produk, penjualan restoran meningkat lebih dari tiga kali lipat, dengan 75% peningkatan berasal dari penjualan ayam goreng.

Biografi Tokoh Dunia: Harland Sanders, Pencipta Resep Rahasia KFC Halaman all - Kompas.com

Bagi Harman, penambahan ayam goreng merupakan salah satu cara membedakan restorannya dari kompetitor; di Utah, sebuah produk yang berasal dari Kentucky adalah unik dan membangkitkan citra keramahan Selatan. [28] Don Anderson, pelukis reklame yang disewa oleh Harman, menciptakan nama Kentucky Fried Chicken. [28] Setelah kesuksesan Harman, beberapa pemilik restoran lain mewaralabakan konsep tersebut dan membayar Sanders $ 0,04 per ayam.

Sanders percaya bahwa restoran North Corbin-nya akan tetap sukses tanpa batas, tetapi pada usia 65 tahun menjualnya setelah Interstate 75 yang baru mengurangi lalu lintas pelanggan. Hanya menyisakan tabungannya dan $ 105 sebulan dari Jaminan Sosial, Sanders memutuskan untuk mulai mewaralabakan konsep ayamnya dengan sungguh-sungguh, dan berkeliling AS mencari restoran yang cocok.

 

Setelah menutup situs North Corbin, Sanders dan Claudia membuka restoran baru dan kantor pusat perusahaan di Shelbyville pada tahun 1959. Seringkali tidur di belakang mobilnya, Sanders mengunjungi restoran, menawarkan untuk memasak ayamnya, dan jika pekerja menyukainya, menegosiasikan hak waralaba.

10 Kisah Menakjubkan KFC yang Tak Banyak Diketahui, Colonel Sanders Bukan Angkatan Militer - Tribun Travel

Meskipun kunjungan semacam itu membutuhkan banyak waktu, akhirnya calon pewaralaba mulai mengunjungi Sanders sebagai gantinya. Dia menjalankan perusahaan sementara Claudia mencampur dan mengirim rempah-rempah ke restoran. Pendekatan waralaba menjadi sangat sukses; KFC adalah salah satu rantai makanan cepat saji pertama yang berkembang secara internasional, membuka gerai di Kanada dan kemudian di Inggris, Meksiko, dan Jamaika pada pertengahan 1960-an. Sanders memperoleh paten yang melindungi metodenya dalam menggoreng ayam bertekanan pada tahun 1962, dan merek dagang frasa “It’s Finger Lickin ‘Good” pada tahun 1963.

Ekspansi cepat perusahaan ke lebih dari 600 lokasi menjadi kewalahan bagi Sanders yang menua. Pada tahun 1964, saat itu berusia 73 tahun, dia menjual perusahaan Kentucky Fried Chicken seharga $ 2 juta ($ 16,5 juta hari ini) kepada kemitraan pengusaha Kentucky yang dipimpin oleh John Y. Brown Jr., seorang pengacara berusia 29 tahun dan calon gubernur Kentucky. , dan Jack C. Massey, seorang kapitalis ventura dan pengusaha.

Raksasa Restoran Cepat Saji Tumbang : KFC Potong Gaji dan Rumahkan 450 Orang Karyawan - IndoPos86

Sanders menjadi duta merek yang digaji. Kesepakatan awal tidak termasuk operasi Kanada, yang dipertahankan Sanders, atau hak waralaba di Inggris, Florida, Utah, dan Montana, yang telah dijual Sanders kepada orang lain.
Pada tahun 1965, Sanders pindah ke Mississauga, Ontario untuk mengawasi waralaba Kanada-nya dan terus mengumpulkan biaya waralaba dan penampilan baik di Kanada maupun di AS. Sanders membeli dan tinggal di sebuah bungalow di 1337 Melton Drive di area Lakeview di Mississauga dari 1965 hingga 1980.

Pada bulan September 1970 dia dan istrinya dibaptis di Sungai Yordan. Dia juga berteman dengan Billy Graham dan Jerry Falwell.
Sanders tetap menjadi simbol perusahaan setelah menjualnya, melakukan perjalanan 200.000 mil (320.000 km) setahun atas nama perusahaan dan memfilmkan banyak iklan TV dan penampilan.

Know the Colonel's Story l KFC Malaysia

Dia mempertahankan banyak pengaruh atas para eksekutif dan pewaralaba, yang menghormati keahlian kulinernya dan takut pada apa yang digambarkan The New Yorker sebagai “kekuatan dan variasi dari sumpah serapahnya” ketika sebuah restoran atau perusahaan berbeda dari apa yang digambarkan para eksekutif sebagai “ayam Kolonel”.

Satu perubahan yang dilakukan perusahaan adalah pada kuahnya, yang menurut Sanders sangat enak sehingga “itu akan membuat Anda membuang ayam durn dan hanya memakan kuahnya” tetapi yang disederhanakan perusahaan untuk mengurangi waktu dan biaya. Sampai tahun 1979 Sanders melakukan kunjungan mendadak ke restoran KFC, dan jika makanan tersebut mengecewakannya, dia mencela pewaralaba sebagai “kotoran terkutuk” atau mendorongnya ke lantai.

Pada tahun 1973, Sanders menggugat Heublein Inc. — perusahaan induk Kentucky Fried Chicken saat itu — atas dugaan penyalahgunaan citranya dalam mempromosikan produk yang tidak dia bantu kembangkan. Pada tahun 1975, Heublein Inc. tidak berhasil menggugat Sanders karena pencemaran nama baik setelah ia secara terbuka menggambarkan saus mereka sebagai “lumpur” dengan “rasa kertas dinding”.

Biografi Kolonel Harland Sanders "Kisah Inspiratif Pendiri KFC"

Sanders dan istrinya membuka kembali restoran Shelbyville mereka sebagai “Claudia Sanders, The Colonel’s Lady” dan menyajikan ayam bergaya KFC di sana sebagai bagian dari menu makan malam dengan layanan lengkap, dan berbicara tentang memperluas restoran menjadi sebuah jaringan. [37] Dia dituntut oleh perusahaan karena itu.

Setelah mencapai kesepakatan dengan Heublein, dia menjual restoran Colonel’s Lady, dan terus beroperasi, saat ini sebagai Claudia Sanders Dinner House. Restoran ini menyajikan ayam goreng “resep asli” sebagai bagian dari menu makan malam non-cepat saji, dan merupakan satu-satunya restoran non-KFC yang menyajikan versi resmi dari resep ayam goreng tersebut.
Sanders tetap kritis terhadap makanan Kentucky Fried Chicken. Pada akhir 1970-an dia memberi tahu Louisville Courier-Journal.

Pelayanan Drive Thru KFC Batoh Dinilai Buruk

Mereka membeli air ledeng seharga 15 sampai 20 sen seribu galon dan kemudian mereka mencampurnya dengan tepung dan pati dan berakhir dengan pasta kertas dinding murni. Dan saya tahu pasta kertas dinding, demi Tuhan, karena saya pernah melihat ibu saya membuatnya. Tidak ada nutrisi di dalamnya dan mereka tidak boleh menjualnya. … resep renyah tidak ada apa-apanya di dunia ini selain adonan bola goreng yang menempel di beberapa ayam.

Citra dan kepribadian publik

Setelah ditugaskan kembali sebagai kolonel Kentucky pada tahun 1950 oleh Gubernur Lawrence Wetherby, Sanders mulai mendandani bagian itu, menumbuhkan janggut dan mengenakan jas rok hitam (kemudian beralih ke jas putih), dasi tali, dan menyebut dirinya sebagai “Kolonel “. Rekan-rekannya setuju dengan perubahan judul, “bercanda pada awalnya dan kemudian dengan sungguh-sungguh”, menurut penulis biografi Josh Ozersky.

Ngeri, Ini Dia Bahaya Daging Ayam KFC - Kompasiana.com

Dia tidak pernah mengenakan apa pun di depan umum selama 20 tahun terakhir hidupnya, menggunakan setelan wol tebal di musim dingin dan setelan katun tipis di musim panas. Dia memutihkan kumis dan jenggotnya agar sesuai dengan rambut putihnya. John Y. Brown Jr. mengenang Sanders sebagai “pria brilian dengan bakat gourmet untuk makanan, visioner dan motivator hebat, dengan gaya pemain sandiwara dan disiplin Vince Lombardi.

Sanders didiagnosis dengan leukemia akut pada Juni 1980. Dia meninggal di Rumah Sakit Yahudi di Louisville, Kentucky, karena pneumonia pada 16 Desember 1980, pada usia 90 tahun. Sanders tetap aktif sampai bulan sebelum kematiannya, tampil dengan setelan putih di hadapan orang banyak. [36] Jenazahnya dibaringkan di rotunda di Kentucky State Capitol di Frankfort setelah upacara pemakaman di Kapel Seminari Teologi Baptis Selatan, yang dihadiri oleh lebih dari 1.000 orang. Sanders dimakamkan dengan setelan jas putih khas dan dasi tali hitam barat di Pemakaman Cave Hill di Louisville.

Pada saat kematian Sanders, diperkirakan ada 6.000 gerai KFC di 48 negara di seluruh dunia, dengan $ 2 miliar ($ 6,2 miliar hari ini) penjualan setiap tahun. Kolonel Sanders fiksi berulang kali muncul sebagai maskot dalam iklan dan branding KFC. Sanders telah disuarakan oleh impresionis dalam iklan radio, dan dari tahun 1998 hingga 2001 versi animasi dari dirinya yang disuarakan oleh Randy Quaid muncul dalam iklan televisi.

Cerita Tentang Kolonel Sanders, Sering Gagal Dalam Pekerjaan, Hingga Temukan Resep Ayam Goreng KFC - Halaman all - Tribun Manado

 

Sumber :

https://en.wikipedia.org/wiki/Colonel_Sanders

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *