Kam. Sep 23rd, 2021
Cerita Hidup Dunia – Siapa tidak kenal mi instan? Mi siap saji ini banyak penggemarnya.  Siapa, ya, penemu mi instan? Mi instan terkenal akan kemudahannya untung diolah, dan proses masaknya yang tidak memakan waktu lama. Di Indonesia, mi instan bisa dibilang makanan segala kalangan.
Apa Saja yang Diketahui Masyarakat Fiji Tentang Indonesia? Halaman all - Kompasiana.com

Rupanya penemunya adalah Bapak Momofuku Ando,  seorang warga negara Jepang yang lahir di Taiwan pada tahun 1911. Bapak Ando, begitu panggilannya. Seorang pengusaha asal Taiwan bernama Momofuku Ando dengan nama asli Wu Pai Fu, sukses merintis usaha di beberapa industri berbeda. Namun bisnis Ando hancur ketika masa perang.

Ando muda juga kerap keluar-masuk penjara, lantaran dituduh menipu dan menggelapkan uang.  Ando tidak menyerah, ia terus mencoba peruntungan di berbagai macam bidang usaha. Kegigihan untuk membangun kembali reputasi dan kekayaannya membuat Ando dihubungi oleh Kementerian Pertanian Jepang 10 tahun setelah Perang Dunia II berakhir.

Mie instan pertama kali diciptakan oleh Mamofuku Ando. Ia merupakan pria berkebangsaan Jepang yang lahir di Taiwan pada tahun 1911. Dirinya pertama kali membuat mie instan pada tahun 1958. Usahanya tersebut dapat dikatakan sukses dan berhasil yang membuat ia mendirikan sebuah perusahaan Nissin Foods.

Ide kreatif Pak Ando bermula pada tahun 1958. Waktu itu Jepang sedang mengalami masa paceklik. Amerika Serikat membantu Jepang dengan menyumbang gandum ke Jepang. Dari gandum itu dibuatlah roti dan mi yang dimakan sebagai pengganti nasi. Dibandingkan roti, orang Jepang lebih menyukai mi, karena secara budaya, orang Jepang sudah terbiasa makan mi.

Tahun 1958 Meluncurkan Mi Instan

Sejarah Indomie, Mi Instan Terenak No. 1 di Dunia!

Pada usia 48 tahun, Ando mengubah dirinya menjadi seorang penemu makanan. Di sebuah gubuk kecil belakang rumahnya, Pak Ando melakukan beberapa percobaan untuk menghasilkan mi instan yang lezat.  Ia memasak mi dalam kuah yang ada rasanya, kemudian digoreng sampai kering dengan beberapa jenis minyak.

Ia juga mencoba mengasap mi itu dan mengawetkan dengan sistem penggaraman. Hasil terbaik adalah mi kuah yang digoreng kering dengan minyak sawit. Untuk memakan tinggal dipanaskan dengan air panas saja.
Kamu juga bisa menemukan produk mi instan dengan mudah, dari di warung pinggir jalan sampai restoran.

Namun, mi instan bukanlah produk yang baru muncul beberapa tahun belakangan. Jika menilik sejarahnya, ternyata mi instan sudah ada setelah Perang Dunia II berakhir.

Pada tahun 1958, perusahaan Nissin Food milik Pak Ando yang berada di Osaka, meluncurkan mi instan pertama yang diberi nama chicken ramen. Artinya mi ayam. Disebut mi ayam karena mi instan itu rasa ayam.

Sekarang, selain mi instan rasa kaldu ayam, ada juga mi instan rasa soto, rasa kari, rasa rendang, dan masih banyak lagi.

Tahun 1971 Meluncurkan Cup Noodle

Wings Indonesia

Mi instan itu langsung disukai banyak orang, bahkan sampai keluar negeri, termasuk Indonesia.

Ketika Pak Ando sedang berkunjung ke Amerika Serikat, ia melihat orang Amerika makan mi instan dalam gelas dengan menggunakan garpu, bukan dalam mangkok dengan sumpit seperti yang biasa dilakukan orang Jepang.

Dari situ Pak Ando punya ide untuk membuat cup noodle yaitu mi instan yang dikemas dalam mangkok plastik atau stirofom atau kertas alumunium yang dilengkapi dengan garpu.

Nissin Foods meluncurkan cup noodle pada tahun 1971.

Pada tahun 2005 Nissin Foods membuat Space Ramen, yaitu mi instan khusus di angkasa luar. Space Ramen dibawa oleh astronot Jepang, Soichi Noguchi ke angkasa luar menggunakan pesawat milik Amerika Serikat, Discovery.

Mi instan ini kuahnya kental dan hanya perlu disiram dengan air yang panasnya 70 derajat Celcius, karena di angkasa luar tidak boleh menggunakan air mendidih.

What do Indonesians think of Pop Mie and IndoMie? - Quora

Lantaran hanya butuh dua menit untuk membuat ramen siap saji. Produknya lantas jadi populer. Paket bumbu penyedap ada karena permintaan masyarakat Mi instan yang dilengkapi dengan paket bumbu penyedap sebenarnya lahir dari permintaan masyarakat. Mereka meminta akan kualitas dan rasa mi instan yang lebih baik.

Mamofuku Ando berada di puncak keberhasilannya pada tahun 1998, saat itu ia genap berusia 77 tahun. Dirinya membangun serta meresmikan Foodeum Tower di Shinjuku, Tokyo. Gedung tersebut sangat legendaris hingga saat ini dan disebut juga sebagai “Istana Mie”. Hal tersebut dikarenakan di dalam tempat tersebut banyak sekali restoran mie, tempat disko, tempat pelatihan pembuatan mie, serta museum mie serta alat-alat untuk membuat mie.
Itulah sejarah serta tokoh di balik terciptanya mie instan. Semoga artikel ini dapat menginsipirasi pembaca untuk dapat menciptakan hal-hal baru. Terima kasih telah membaca.

Sumber :
https://travel.kompas.com/read/2020/04/12/130800627/asal-usul-mi-instan-makanan-yang-tercipta-karena-rasa-iba?page=all
https://bobo.grid.id/read/08880262/sejarah-terciptanya-mi-instan-idenya-muncul-saat-paceklik?page=all
https://www.infoyunik.com/2015/09/menguak-sejarah-di-balik-terciptanya.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *