Kam. Sep 23rd, 2021

Cerita Hidup Dunia Kita semua telah melihat film tentang asteroid yang bertabrakan dengan planet kita, kita juga telah membaca berita tentang asteroid yang nyaris meleset di dekat kita. Tentu saja, banyak dari kita tahu bahwa diperkirakan asteroid menghantam bumi menghabisi dinosaurus, pada kenyataannya, dampak ini diperkirakan telah memusnahkan 80% dari semua kehidupan di planet kita, memungkinkan mamalia dan akhirnya manusia berkembang. Tapi apa yang sebenarnya terjadi jika asteroid menghantam kita?

Simak 8 fakta ini tentang peristiwa armageddon asteroid …

 

1. Asteroid itu sendiri

10 Asteroid Diprediksi Akan Menghantam Bumi 2020

Asteroid pembunuh dinosaurus itu sendiri mungkin yang paling terkenal dari asteroid yang menghantam planet kita, jadi bagaimana jika kembaran yang tepat dari asteroid ini menghantam kita besok? Asteroid itu diperkirakan berdiameter 10 km dan menciptakan kawah selebar sekitar 180 km di kerak bumi. Tentu saja, ini bukan hanya lubangnya, energi yang dilepaskan oleh tumbukan itu langsung menguapkan asteroid itu sendiri dan kemudian memusnahkan sebagian besar kehidupan di bumi. Tetapi bahkan peristiwa ini tidak akan meledakkan planet kita, juga tidak akan langsung membunuh semua kehidupan di bumi, akan ada beberapa yang selamat baik hewan maupun manusia untuk mengisi kembali planet ini.

 

2. Sebelum tumbukan asteroid

Kawah Tertua Bekas Hantaman Asteroid 2,2 Miliar Tahun Lalu Ditemukan di  Australia - Global Liputan6.com

NASA telah memberikan beberapa saran tentang apa yang harus dilakukan jika asteroid besar menabrak kita, itu hanya bertuliskan ‘berdoa’! Pada kenyataannya, kita mungkin akan mendapat peringatan beberapa bulan karena asteroid itu sendiri akan sangat mudah dikenali. Beberapa bulan bukanlah waktu yang lama untuk menggali bunker atau membuat orang aman, atau pada saat ini, kita tidak memiliki teknologi untuk menangkis atau mengubah arah asteroid. Waktu harus dihabiskan untuk membuat tempat yang aman bagi sebanyak mungkin dari kita baik dengan pergi ke bawah tanah atau di bawah air sejauh mungkin dari zona kecelakaan!

Baca juga : Body Cewek Terindah Yang Pernah Ada Di Indonesia

3. Pendekatan Akhir

10 Asteroid Diprediksi Akan Menghantam Bumi 2020

Tentu saja, seluruh dunia akan berada dalam keadaan panik meskipun sebagian besar waktu langit akan tetap seperti sekarang. Hanya sekitar 24 jam sebelum tabrakan kita benar-benar melihat asteroid di langit (semua itu di malam hari dan tidak terlalu besar). Sekitar 3 jam sebelum tumbukan kita mungkin merasakan dampak penuh dari apa yang akan terjadi dengan benda terang di langit bahkan di senja hari (Jika Anda melihat asteroid pada hari itu mungkin hanya beberapa menit dari tumbukan). Saat asteroid semakin dekat, ia akan tetap diam meskipun ia memasuki atmosfer dengan kecepatan suara yang berkali-kali lipat.

 

4. Dampak

23 April 2018 Diprediksi Menjadi Awal Kehancuran Bumi Menurut Teori  Konspirasi, Ini Alasannya - Tribunnews.com Mobile

Ketika asteroid akhirnya menghantam bumi, kekuatan 100 triliun ton TNT atau lebih dari satu miliar bom Hiroshima akan dikenakan pada kita. Kerak bumi langsung menguap dan bola api berukuran empat kali matahari tercipta, rumput, pepohonan, dan apa pun dalam jarak 1200 km akan terbakar seketika, diikuti oleh ledakan udara dahsyat yang akan meratakan bangunan dalam jarak 1000 km. Suara dampaknya akan jauh lebih dari yang bisa telinga kita tahan, namun, jika Anda masih hidup, maaf tapi itu tidak berakhir di sini….

 

5. Kejatuhan

Apa yang Seharusnya Manusia Lakukan Bila Asteroid Jatuh ke Bumi? - Semua  Halaman - National Geographic

Satu-satunya kesempatan Anda untuk selamat dari semua ini adalah jika Anda berada di sisi lain planet ini menuju zona benturan, namun bahkan di sini Anda akan mendengar dan benar-benar merasakan dampaknya. Kerusakan masih akan terjadi pada bangunan yang jaraknya lebih dari 5000 km dari zona tabrakan. Apa pun yang terlontar dari benturan akan ditembakkan bermil-mil ke udara yang memanaskan atmosfer kita sekitar 1500 derajat celcius. Ini akan menyebabkan kebakaran hutan dan langit akan menjadi gelap karena cahaya matahari terhalang oleh debu. Kebanyakan orang perlu tinggal di bunker pengaman untuk beberapa waktu.

 

6. Dunia yang berbeda menanti

Terjadi di Akhir Bulan, Asteroid Raksasa Ini Diprediksi Menghantam Bumi -  HiTekno.com

Banyaknya mineral yang menguap di atmosfer bukanlah kabar baik sama sekali, meskipun atmosfer akan mulai mendingin seiring waktu beberapa mineral akan bergabung dengan air untuk menghasilkan hujan asam. Suhu di seluruh dunia akan turun secara drastis dan mengubah ekosistem dan dikombinasikan dengan hujan asam, sebagian besar tanaman kita akan hancur. Tanpa tumbuhan, herbivora akan mati dan kemudian karnivora akan mati. Inilah yang menurut para ahli terjadi pada dinosaurus, namun, mungkinkah kita manusia bisa bertahan dari semua ini?

 

7. Kehidupan setelah kejadian

The 5th Wave

Dinosaurus membutuhkan waktu untuk mati, tetapi mereka tidak memiliki tempat berlindung, pengawet makanan, gadget berteknologi tinggi dan mesin atau TV! Jika kita memiliki peringatan berbulan-bulan (atau bertahun-tahun) bahwa bertahan hidup dapat menjadi pilihan bagi sebagian dari kita, masyarakat tidak akan sama tentunya, kita dapat menggunakan gudang benih untuk menanam kembali makanan dan bahkan mungkin memproduksi daging lagi. Atau mungkin seperti dinosaurus, kita tidak akan bertahan dan spesies dominan baru akan mulai berkembang biak dan mengalahkan kita untuk menjadi spesies dominan baru di planet!

 

8. Jangan Panik!

Jalan Pintas Menuju Mandiri Ekonomi di Era Disruption : Okezone Economy

Asteroid datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, asteroid seukuran rumah akan menghasilkan energi yang sama dengan bom Hiroshima yang menghancurkan sebuah kota misalnya, tetapi ini bukanlah peristiwa bencana. Banyak ilmuwan berpikir bahwa kita cukup aman di masa mendatang dengan dampak yang mirip dengan asteroid pembunuh dinosaurus yang hanya terjadi sekali setiap seratus juta tahun atau lebih …..



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *