Kam. Sep 23rd, 2021

Cerita hidup dunia – Awal tahun 2020 telah diwarnai dengan sejumlah kejadian besar yang terjadi di Indonesia mau pun di luar negeri. Belum genap 10 hari memasuki tahun baru, sejumlah kejadian besar terjadi.

Mulai dari bencana alam, konflik, hingga pemberitaan internasional yang membawa nama warga negara Indonesia.

Apa saja kejadian besar yang terjadi pada awal tahun 2020 ini?

1. Banjir di sejumlah daerah di Jabodetabek dan Banten

Flood victims still stranded as relief agencies overwhelmed by volume,  access - City - The Jakarta Post

Malam pergantian tahun 2019 ke 2020 diwarnai dengan kondisi Jabodetabek dan Banten yang diguyur hujan dengan durasi yang lama. Imbasnya, pada hari pertama tahun 2020, sejumlah daerah terendam banjir.

Akibat banjir tersebut, dilaporkan sebanyak 67 orang meninggal dunia. BMKG menyebut bahwa cuaca ekstrem yang terjadi di awal tahun bukanlah tanda puncak musim, jadi masyarakat diimbau untuk tetap berjaga menghadapi cuaca ekstrem. Puncak musim sendiri baru terjadi pada bulan Februari.

2. WNI divonis seumur hidup karena kasus pemerkosaan di Inggris

Reynhard Sinaga Pria Indonesia Perkosa 190 Pria di Manchester, Inggris

Nama Reynhard Sinaga (36) mendadak viral di media sosial dan pemberitaan baik itu di luar negeri mau pun di dalam negeri. Reynhard adalah warga negara Indonesia yang divonis penjara seumur hidup karena tindakan pemerkosaan terhadap sekitar 190 orang pria di Manchester, Inggris.

Dikutip melalui BBC, kasus Reynhard  mencuat pada 2017 saat salah satu korban tersadar ketika pingsan dan mendapati pelaku sedang melakukan aksi bejatnya. Korban akhirnya melapor ke pihak kepolisian.

Reynhard menjalankan aksinya dengan menyasar pria muda usia 20 tahun yang sedang berada di sebuah bar atau pub dalam keadaan setengah sadar (mabuk). Reynhard membawa korban ke apartemen pribadinya di Montana House.

3. Serangan rudal yang dilakukan Amerika Serikat dan menewaskan jenderal Iran

Ketegangan Iran dan AS Meningkat, Kemenlu RI Imbau WNI di Irak, Iran, dan  Sekitarnya Waspada - Tribun Palu

Pemimpin Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Jenderal Qasse Soleimani, tewas dalam serangan udara yang dilakukan oleh militer Amerika Serikat pada Jumat (3/1).

Melalui akun Twitter-nya, Gedung Putih mengonfirmasi bahwa IRGC merupakan kelompok teroris dan Soleimani memiliki peran untuk berencana menyerang Amerika Serikat.

Pentagon, melalui Reuters, mengonfirmasi bahwa serangan itu diperintahkan oleh Presiden Amerika Donald Trump.

Lalu, pada Selasa (7/1), barak militer Amerika Serikat diserang oleh Iran. Pentagon seperti yang dikutip melalui AP mengatakan bahwa serangan sasaran Iran adalah dua pangkalan militer yaitu Al Assad dan Irbil.

4. Konflik kelautan di perairan Natuna

dafeng cao on Twitter: "One of the 10,000 ton class CCG Cutters #3901.  Photo by DS_T黑黑T… "

Perairan Natuna menjadi perhatian sejak masalah masuknya kapal Tiongkok ke wilayah teritorial Indonesia. Kapal perang (KRI) Tjiptadi-381 di bawah komando utama TNI Angkatan Laut, Komando Armada (Koarmada) I berhasil mengusir kapal Coast Guard Tiongkok yang sedang mengawal kapal ikan mereka di perairan Natuna Utara, Kepulauan Riau.

Kekuatan militer pun dikerahkan untuk menjaga wilayah perairan yang masuk dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia tersebut.

“Tiga KRI Koarmada I yang beroperasi di bawah kendali Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I tengah melaksanakan patroli sektor di Laut Natuna Utara,” kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada I, Letkol Laut (P) Fajar Tri Rohadi.

5. Kebakaran hutan di Australia

Kebakaran Hutan Australia Diprediksi Terjadi Hingga Beberapa Bulan ke Depan  - Global Liputan6.com

Dua daerah di Australia yakni New South Wales dan Victoria dilanda kebakaran. Kejadian ini memang telah berlangsung sejak September 2019 lalu.

Jutaan hektar lahan hutan di Australia terkabar dan ribuan rumah hancur, bukan hanya itu habitat yang berada di hutan juga terbakar mulai dari tumbuhan hingga hewan-hewan seperti kanguru dan koala.

Kebakaran hutan di Australia memenuhi jagat maya, mulai dari foto-foto momen penyelamatan hewan hingga suasana langit Australia yang memerah karena panas api yang membara.

Melalui Reuters, diketahui ada sekitar seratus titik api di negara bagian New South Wales termasuk juga di Sydney.

6. Terjadinya Pandemi Penyebaran Penyakit Corona Di Seluruh Dunia

Sebelum Virus Corona, Berikut 5 Penyakit Pandemi Mematikan dalam Sejarah -  Pikiran Rakyat Depok

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan virus corona sebagai pandemi pada Rabu, 11 Maret 2020.
WHO mengatakan, pihaknya sangat berhati-hati dalam menerapkan status ini pada wabah virus corona jenis baru.
Pasalnya, jika kata pandemi tersebut disalahgunakan akan menyebabkan kekhawatiran berlebihan mengenai penyebaran virus corona.
Dikutip dari Boldsky, pandemi adalah wabah penyakit yang telah menyebar ke berbagai negara dan komunitas secara global. Ketika pandemi terjadi, terlepas dari manusia, hewan, kehidupan akuatik, tanaman, pohon dan organisme lain juga terinfeksi dan mati.
Alasan mengapa Covid-19 menjadi pandemi adalah akibat dari meningkatnya kasus dari hari ke hari. Ditambah, sampai saat ini, para ahli media belum menemukan obat untuk mengobati wabah virus corona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *