Sab. Sep 25th, 2021

Cerita hidup dunia – Kekayaan merupakan akumulasi pendapatan yang kamu kumpulkan dari hari ke hari dengan konsisten dan disiplin.

Kekayaan tidak ada hubungannya sama sekali dengan besaran gaji yang didapatkan.

Meskipun kamu memiliki pendapatan yang besar, kamu tidak akan bisa menjadi orang yang kaya, jika pengeluaran lebih besar dari pendapatan yang dimiliki.

Sebaliknya, kamu yang memiliki penghasilan yang minim sangat mampu menjadi orang kaya, jika memiliki pengeluaran yang lebih rendah dari pendapatan.

Di artikel ini, kita akan membahas tentang cara menjadi orang kaya dengan gaji kecil dan mematahkan argumen, bahwa hanya orang yang berpenghasilan tinggi saja yang bisa kaya.

Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Berhematlah
Konsep yang pertama ini sangatlah sederhana, namun mampu memberikan hasil yang terbaik, jika kamu mampu menerapkannya dengan konsisten.

Baca Juga: 7 Cara Menghemat Biaya Bulanan, Terapkan dan Dapatkan Lebih Banyak Dana Untuk Disimpan

Orang kaya selalu memiliki kebiasaan berhemat dan lebih cenderung menyimpan dana yang dimiliki, dibandingkan harus membelanjakannya ke berbagai pengeluaran yang tidak diperlukan.

Ada banyak sekali cara berhemat yang bisa dilakukan, misalnya saja mengubah kebiasaan membeli kopi di kedai atau cafe dengan membuat sendiri kopi di rumah yang terbukti lebih murah dan hemat pengeluaran.

2. Hidup Sesuai Dengan Kemampuan kamu Saat Ini
Hal yang satu ini sangat sulit dilakukan oleh kebanyakan orang dan mereka cenderung mudah tergoda untuk membelanjakan lebih banyak uang dari kemampuannya.

Hiduplah sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Membelanjakan uang lebih sedikit dari apa yang dihasilkan sangat ampuh membuat kamu mengumpulkan pundi-pundi kekayaan.

Ada aturan sederhana yang bisa kamu terapkan yaitu jangan melakukan pembelian, jika tidak mampu membayarnya secara tunai.

3. Belilah Barang yang Memiliki Biaya Lebih Rendah dari Kemampuan Finansial Anda
Jika saat ini kamu mampu membeli motor sport keluaran terbaru, bukan berarti kamu harus membelinya.

Jangan membeli hanya karena kamu mampu melakukan pembelian barang tersebut, jadilah orang yang bijak untuk mengumpulkan kekayaan di masa depan.

Belilah barang yang berbiaya lebih rendah dari kamampuan, maka kamu akan terkejut saat melihat sisa uang yang bisa disimpan.

4. Berinvestasilah untuk Masa Depan Diri Anda
Pendapatan yang kamu miliki tidak akan bertumbuh dengan optimal, jika hanya disimpan di dalam tabungan saja.

Bahkan nilainya akan terus tergerus akibat tingkat inflasi yang terjadi sepanjang tahun.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyisihkan sebagai pendapatan kamu untuk diinvestasikan ke berbagai instrumen investasi, mulai dari saham, deposito hingga reksa dana.

5. Jangan Menghabiskan Seluruh Uang yang Dimiliki

Ingin Tabungan Anda Makin Gemuk? Ini 3 Caranya - Bisnis Liputan6.com
Memiliki banyak uang, bukan berarti kamu harus menghabiskan seluruhnya dan tidak menyisahkannya sedikit pun.

Simpan kelebihan uang yang kamu dapatkan seperti THR, uang bonus yang didapatkan, dan lain sebagainya. Dana tersebut akan sangat bermanfaat, saat ada kebutuhan mendesak yang perlu dikeluarkan.

6. Simpan Uang Ekstra yang Kamu Dapatkan
kamu tidak pernah tahu, jika suatu saat mendapatkan bonus kinerja dari pimpinan perusahaan.

Jangan serta merta menghabiskan uang tersebut untuk hal-hal yang tidak diperlukan, sebaiknya sisihkan dana ekstra tersebut untuk kamu simpan dan mengakumulasikan kekayaan.

7. Bijak Saat Berinvestasi
Kemampuan kamu memilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan akan menentukan tingkat pengembalian yang akan didapatkan di masa depan.

Artinya semakin bijak kamu memilih jenis investasi yang tepat, maka semakin cepat juga kamu mengakumulasikan kekayaan.

Tentukan jenis investasi yang akan dipilih berdasarkan profil resiko yang dimiliki, tujuan keuangan, jangka waktu investasi, dan jumlah uang yang mampu disisihkan setiap bulannya.

Jangan berinvestasi di saham, jika kamu berinvestasi untuk jangka pendek atau kamu mudah panik dengan nilai investasi yang mudah berfluktuasi.

8. Tidak Perlu Mengeluarkan Uang Lebih
Segera potong berbagai biaya dan pengeluaran yang sebenarnya bisa kamu tekan dengan menggantinya dengan pilihan yang lain.

Misalnya saja, saat ini kamu mengeluarakan biaya untuk keanggotaan di pusat kebugaran, maka pengeluaran ini bisa ditekan dengan memilih berolahraga yang lebih hemat biaya seperti melakukan push up, jogging, pull up, dan squat jump.

9. Hiburan Tidak Selamanya Mahal
Cara menjadi orang kaya dengan gaji kecil yang terakhir adalah dengan menghemat pengeluaran untuk hiburan.

kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk menghibur diri dan keluarga kamu.

Jika selama ini kamu menghabiskan banyak uang untuk pergi menonton di bioskop, maka ganti pilihan dengan menyewa DVD film atau men-download film untuk dinikmati di rumah.


kamu bisa berjalan-jalan ke taman bersama dengan keluarga besar atau masak-masak di rumah sembari bercengkerama dengan keluarga.

Jika kamu kreatif, maka kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai macam hiburan murah yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Mudah untuk dilakukan bukan?

Menjadi kaya merupakan pilihan kamu dan tujuan tersebut bisa dicapai, meskipun saat ini kamu memiliki pendapatan yang minim sekalipun.

Nah, itulah 9 cara menjadi orang kaya dengan gaji kecil.

Semoga informasi yang sudah kami sampaikan di atas memberikan banyak manfaat untuk kamu semua yang membacanya.

Sumber cerita :

9 Cara Menjadi Orang Kaya Dengan Gaji Kecil, Siapa Bilang Tidak Bisa?

Baca Juga : 5 Cerita Orang Bodoh Yang Tidak Menyerah Dalam Meraih Kesuksesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *