Sel. Jun 15th, 2021

Cerita Hidup Dunia – Tidak terasa sudah 2 tahun blog ini berjalan. Artikelnya pun tidak terlalu banyak karena saya memang bukan mengejar jumlah artikel. Karena saya sangat mementingkan kualitas artikel yang saya posting pada blog ini. Alhamdulillah walaupun artikel hanya sedikit, tapi traffic blog ini pelan pelan mulai menanjak naik. Sehingga saya rasa perlu untuk mengubah domain wordpress dengan domain milik sendiri. Bukan lagi menggunaka domain gratisan yang di dapat dari wordpress.

Kamu sudah punya blog gratisan di wordpress.com. Tapi kamu ingin lebih serius dalam dunia blog. Akhirnya kamu memutuskan untuk mengganti domain wordpress yang gratis menjadi domain milikmu sendiri. Tapi kamu tidak ingin artikel-artikel di blog lama hilang begitu saja. Ya, karena artikel lama itu telah mendatangkan traffic ke blogmu dan mungkin saja seseorang di luar sana telah melakukan rujukan terhadap artikelmu (istilahnya backlink). Tentu saja, akan sangat sayang jika semua itu kamu buang dan kamu harus melakukan semuanya dari nol kembali.

Ada dua cara untuk yang bisa kamu lakukan, jika kamu ingin terlihat lebih serius dalam blog.

Kamu menyewa hosting dan membeli domain baru pada penjual domain atau reseller. Kemudian, kamu memindahkan semua artikel dari blog wordpress.com ke hosting baru. Agar kamu tidak kehilangan traffic setelah pindah rumah baru, kamu melakukan redirect semua artikel di blog lama ke blog dengan domain baru. Cukup ribet dan panjang prosesnya tapi tidak sulit.

Kamu cukup membeli domain saja. Kemudian kamu mengganti domain wordpress .com dengan domain yang telah kamu beli. Semua artikel blog tetap berada di wordpress.com. Kamu cukup merubah alamat blog ke domain milikmu sendiri tapi tidak memindahkan semua file dan artikelnya. Contohnya, semula alamat blog ini adalah https://Ceritahidupdunia.wordpress.com saya rubah menjadi http://bosonline.online. Saya hanya merubah alamat blog saja, tapi semua artikel tetap berada di wordpress.com.

Saya lebih memilih menggunakan cara kedua, pertimbangan utama adalah biaya 😀 . Cara kedua saya cukup membayar domain saja. Tapi cara pertama saya harus membayar hosting, beli domain, dan terakhir jasa redirect dari wordpress. Selain itu saya juga bisa lebih fokus untuk menulis dan tidak terlalu memikirkan masalah hosting dan resource server yang digunakan . Nah, bagaimana caranya? Saya akan menjelaskan langkahnya secara detail.

Mengubah Domain WordPress .com
Sebagai contoh, alamat blogmu awalnya adalah https://example.wordpress.com dan saya ingin merubahnya menjadi http://example.net. Maka caranya adalah

Langkah pertama sebelum mengubah domain wordpress adalah kamu harus membeli dulu domain yang kamu inginkan. Kamu bisa membelinya di IDWebHost atau di Jagoan Hosting. Misalnya domain yang saya beli adalah http://example.net. Harga domain bervariasi. Jika kamu ingin membeli domain .com atau .net maka harganya sebesar Rp. 110.000 di Idwebhost. Kebetulan ada promo di Jagoanhosting harga domain Rp. 91.000. Kamu bisa cek di sini.
Saya ingin blog saya yang semula beralamat https://example.wordpress.com berubah menjadi alamat http://example.net
Masuk dalam dashboard wordpress.com, pilih Store atau Bisa juga mengklik halaman Domain.

wordpress-dashboard-store

Pilih Add Domain.

mengganti-domain-wordpress

Pilih Map Domain. Ya, kamu harus membayar biaya sebesar $ 13 per tahun atau sekitar Rp. 182.000 pada kurs Rp. 14.000/dollar. Biaya ini cukup kamu bayar sekali dalam setahun. Jadi biaya dalam sebulan hanya sekitar Rp. 15.000 rupiah. Ya, cuma harga seporsi makan di warteg. Murah banget kan 🙂

map_domain

Kemudian masukkan domain yang baru saja kamu bei pada langkah nomor 1. Misalnya domain yang baru kamu beli adalah example.net. Tidak perlu ditulis dengan awalan http://www. Cukup nama domain saja

add-domain-mapping

Selanjutnya kamu akan di minta untuk melakukan proses pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit atau paypal.

Setelah proses pembayaran selesai, maka akan muncul pesan bahwa pembayaran telah berhasil.

pembelian-mapping-domain-selesai

Selanjutnya, kamu tinggal mengatur nameserver domain agar mengarah ke wordpress.

Jika kamu membeli domain melalui Idwebhost.com maka masuklah ke halaman member IdWebhost. Kemudian pilih menu Domain. Kemudian klik Kelola domain.

kelola-domain-idwebhost

Pilih menu Nameserver dan masukkan nameserver wordpress di bawah ini dan klik Ubah Nameservers.

NS1.WORDPRESS.COM
NS2.WORDPRESS.COM
NS3.WORDPRESS.COM

Seperti pada gambar di bawah.

nameserver-idwebhost

Selanjutnya kamu menunggu proses resolved domain. Biasanya dalam waktu 1×24 jam, domain sudah aktif d blog baru. Dalam kasus saya, tidak sampai 1 jam domain sudah aktif 🙂

Jika kamu membeli melalui Jagoanhosting, maka kamu masuk ke halaman member jagoanhosting dan pilih my domain kemudian pilih manage domain.

manage-domain-jagoanhosting

Kemudian pilih menu Nameserver, dan masukkan nameserver WordPress

NS1.WORDPRESS.COM
NS2.WORDPRESS.COM
NS3.WORDPRESS.COM

nameserver-jagoanhosting

Jika kamu membeli domain di tempat lain selain Idwebhost atau Jagoanhosting, maka kamu bisa menanyakan kepada penjual domain, bagaimana cara mengubah nameserver domain. Saya biasa menggunakan Idwebhost dan Jagoan Hosting, karena selama ini pelayanan mereka memuaskan dan cepat. Dan yang paling penting adalah gampang dihubungi.

Nah, jika kamu mengikuti cara di atas, setelah kamu mengubah domain wordpress maka alamat blogmu berubah menjadi http://example.net. Untuk mengakses dashboard melalui http://example.net/wp-admin. Bagian terbaiknya adalah, alamat blog lama yaitu http://example.wordpress.com tetap bisa di akses. Jika kamu mengetikkan alamat blog lama, maka secara otomatis akan redirect ke alamat blog baru. Jadi traffic blogmu sama sekali tidak terpengaruh. 🙂

Bagaimana jika kamu memiliki beberapa blog, dan untuk membeli domain untuk setiap blog adalah biaya yang cukup besar buatmu. Ada cara agar kamu bisa menghemat untuk pengeluaran domain. Kamu cukup membeli satu domain utama, dan semua blogmu di mapping menjadi subdomain.  Selamat mencoba 🙂

Sumber : https://blog.imran.id/2016/03/06/cara-mengubah-domain-wordpress-com-dengan-domain-milik-sendiri/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *