Sen. Jun 21st, 2021

Cerita Hidup Dunia   Sekelompok massa berbaju putih yang diduga bagian dari kelompok Triad, menyerang massa pro demokrasi yang usai berunjuk rasa di stasin kereta api di Distrik Yuen Long, Hong Kong Minggu (21/7/2019) malam. Meski pihak keamanan Hong Kong  belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai pelaku penyerangan, banyak pihak mengafiliasikannya sebagai Triad.

Image result for Sekelompok orang berbaju putih

Tapi sebelumnya, apa sih Triad itu? Triad merupakan sebutan untuk kelompok organisasi kriminal terorganisir dari Hong Kong, Makau dan Taiwan yang dikaitkan dengan beberapa kegiatan bisnis kotor, seperti: Baca Juga: Ngerinya Perang Antar Geng Triad di Hong Kong Mendukung Tiongkok, Apple Menghapus Bendera Taiwan di Keyboard Emoji Pendemo di Hong Kong Dilarang Pakai Masker Perdagangan Narkoba Pemalsuan Penipuan Pemalsuan Tak hanya itu, dengan kekuatan yang dimiliki oleh kelompok Triad, bisnis kotor yang dijalankan ikut menyelinap masuk ke dalam dunia politik dan pemerintahan. Kata ‘Triad’ bermula dengan istilah ‘Tian Di Hui’ yang berarti (Langit, Bumi dan Manusia). Bila ditilik dari Kamus Oxford, ‘Triad’ adalah terjemahan dari ‘San Ho Hui’ (Triple Union Society), merujuk pada 3 elemen yakni surga, bumi dan kemanusiaan.

Dilansir dari berbagai sumber, awalnya Triad dibentuk tahun 1760-an dengan tujuan menumbangkan kekaisaran Manchu era Dinasti Qing dan merestorasi peraturan Han di Tiongkok. Kemudian kelompok tersebut berubah haluan, menjadi organisasi yang menjalankan bisnis kotor seperti yang dikenal saat ini. Di Hong Kong sendiri, ada beberapa klan Triad yang dianggap paling kuat.  Mengenal 7 Organisasi Triad Terkuat Asal Hongkong.

14K Grup Triad satu ini memiliki basis di Hong Kong, nama 14K sendiri merupakan jumlah anggota awal (14), sedangkan ‘K’ sendiri diambil dari nama ‘Kuomintang’. Organisasi tersebut juga aktif secara Internasional di mana mereka bertanggung jawab atas penyebaran narkoba di seluruh dunia. Dilansir dari Wikipedia, Orang yang membentuk 14K merupakan Letnan Jenderal Kuomintang Kot Siu-wong, pada tahun 1945 di Guangzhou, Cina. Berawal sebagai kelompok anti-komunis, pada tahun 1949 14K pindah ke Hong Kong karena Kuomintang melarikan diri dari Komunis setelah Perang Sipil Tiongkok .

Sun Yee On Kelompok Triad satu ini termasuk salah satu organisasi Triad terkemuka yang ada. Sun Yee On didirikan oleh Heung Chin, di Teochew (Chaozhou), pada tahun 1919. Kini organisasi tersebut memiliki lebih dari 55.000 anggota yang tersebar di seluruh dunia, mereka diduga aktif di beberapa negara besar seperti Belgia, Amerika Serikat, Inggris dan Prancis. Sun Yee on sendiri terlibat dalam beberapa kejahatan seperti, pemalsuan, narkotika, perdagangan manusia , perjudian, prostitusi , maupun penyelundupan.

Tai Huen Chai Anggota dari organisasi ini dikenal dengan sebutan Big Circle Gang, sebagai identitas mereka menggunakan pakaian berwarna abu-abu dan hitam. Didirikan sekitar tahun 1950-an hingga kini, anggota dari Tai Huen Chai sendiri terdiri penuh keanekaragaman, di mana semua ras bisa bergabung dalam geng tersebut. Organisasi tersebut terlibat pemerasan, pencucian uang, perjudian dan beberapa kegiatan kriminal lainnya.

Image result for Sekelompok orang berbaju putih

Wo Shing Wo Wo Shing Wo merupakan organisasi Triad tertua Wo Group yang didirikan sekitar tahun 1930, di Sham Shui Po. Organisasi tersebut terlibat tindak kriminal seperti perjudian, perdagangan narkoba, pemerasan, maupun prostitusi. Triad dengan sejarah yang panjang di Hong Kong ini, sempat menjadi perhatian media setelah serangan teroris di pantai Indonesia yang berbatasan dengan Laut Cina Selatan pada tahun 1989.

Shui Fong, Shui Fong merupakan salah satu grup Triad utama di Cina Selatan, yang juga dikenal dengan sebutan Wo On Lok atau WOL. Triad ini beroperasi terutama di beberapa negara seperti Makau, Amerika dan Hong Kong. Bisnis kriminal yang dijalankan oleh Shui Fong sendiri seperti, pemerasan, narkotika, rentenir, panti pijat, maupun perjudian. Sejarah awalnya, Shui Fong sendiri terdiri dari serikat pekerja dari perusahaan minuman ringan warisan Hong Kong, Connaught Aerasi Air Company, di Sham Shui Po pada tahun 1930-an.

Wo Hop To Wo Hop To merupakan klan Triad yang berbasis di Wanchai , Hong Kong. Diperkirakan kalau organisasi ini didirikan pada tahun 1908 di Sai Ying Pun, pada masa itu mereka dikenal sebagai organisasi politik rahasia yang menentang Dinasti Qing. Awal 1990-an Wo Hop To melebarkan sayapnya ke Amerika Serikat, yang pada saat itu dipimpin oleh Peter Chong dan Raymond. Mereka memiliki rencana untuk mengendalikan geng Asia yang ada di San-Fransisco dengan tujuan penyebaran distribusi narkoba secara nasional.

Luen Group , Grup Luen merupakan salah satu kelompok kriminal yang sangat terorganisir di Hong Kong. Grup tersebut beranggotakan lebih dari 8000 anggota, serta memiliki beberapa sub-kelompok, di antaranya adalah: Luen Lok Tong Luen Tei Ying Luen To Ying Luen Ying She Luen Kung Lok Dilansir dari Wikipedia bisnis yang dijalani salah satu Grup Luen, yakni Luen Kung Lok adalah perjudian ilegal, pemerasan dan bisnis hiburan di Hong Kong. Itulah informasi mengenai klan Triad terkuat yang berasal di Hong Kong. Semoga artikel ini menyajikan informasi berguna untuk kamu semua, jangan lupa untuk ikuti berita maupun artikel menarik lainnya, hanya di Berita BILLKELL.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *